kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IMF Kembali Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi AS Tahun 2022 Menjadi 2,3%


Rabu, 13 Juli 2022 / 06:44 WIB
IMF Kembali Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi AS Tahun 2022 Menjadi 2,3%
ILUSTRASI. International Monetary Fund (IMF) pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi AS untuk tahun ini menjadi 2,3%


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Dana Moneter Internasional atawa International Monetary Fund (IMF) pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) menjadi 2,3% untuk tahun 2022. Pada akhir Juni lalu, IMF memperkirakan, ekonomi AS bisa tumbuh 2,9%.

Lebih lanjut, IMF memperingatkan bahwa menghindari resesi di AS akan "semakin menantang" terlebih data terbaru menunjukkan terjadi pelemahan belanja konsumen.

IMF juga memangkas perkiraan pertumbuhan PDB riil tahun 2023 menjadi 1,0% dari 1,7% yang diumumkan pada 24 Juni silam.

Laporan akhir yang dirilis pada hari Jumat direvisi untuk mencerminkan revisi ke bawah pada PDB kuartal pertama AS dan data pengeluaran konsumen yang lemah pada bulan Mei.

IMF juga terus menyoroti tantangan inflasi yang tinggi dan kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed) yang curam yang diperlukan untuk mengendalikan harga.

Direktur eksekutif IMF mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa lonjakan inflasi berbasis luas "memposting risiko sistemik baik bagi Amerika Serikat dan ekonomi global."

Baca Juga: IMF: Mata Uang Digital (CBDC) Bisa Picu Perpindahan Dana dari Perbankan

"Prioritas kebijakan sekarang harus memperlambat pertumbuhan upah dan harga secara cepat tanpa memicu resesi," kata IMF dalam laporan staf Article IV. "Ini akan menjadi tugas yang sulit."

IMF mengatakan, pengetatan kebijakan moneter The Fed akan membantu menurunkan inflasi menjadi 1,9% pada kuartal keempat tahun 2023, dibandingkan dengan perkiraan 6,6% untuk kuartal keempat tahun 2022.

Ini akan semakin memperlambat pertumbuhan AS, tetapi IMF masih memperkirakan Amerika Serikat akan menghindari resesi.

IMF Western Hemisphere Department Economist Andrew Hodge mengatakan, kenaikan suku bunga The Fed dan berkurangnya pengeluaran pemerintah akan memperlambat pertumbuhan belanja konsumen "menjadi sekitar nol pada awal tahun depan" mengurangi ketegangan pasokan.

Baca Juga: Selain Sri Lanka, Dua Negara Tetangga Indonesia Ini Terancam Bangkrut

"Perlambatan permintaan akan meningkatkan pengangguran menjadi sekitar 5% pada akhir 2023, yang akan menurunkan upah," kata Hodge.

Direktur eksekutif IMF dalam resep kebijakan mereka untuk pemerintah AS menyerukan pengesahan proposal belanja sosial dan iklim Presiden AS Joe Biden yang terhenti, dengan mengatakan ini akan mendorong peningkatan partisipasi angkatan kerja, yang akan mengurangi inflasi, sambil membantu memfasilitasi transisi ke rendah ekonomi karbon.

"Para direktur juga merekomendasikan untuk membatalkan pembatasan perdagangan dan kenaikan tarif yang diperkenalkan selama lima tahun terakhir," kata laporan itu - referensi untuk tarif barang-barang China, baja, aluminium, dan produk lainnya yang diberlakukan oleh mantan presiden Donald Trump dan dipertahankan oleh Biden.




TERBARU

[X]
×