kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IMF turunkan prospek pertumbuhan global, gangguan pasokan hambat pemulihan ekonomi


Selasa, 12 Oktober 2021 / 22:36 WIB
IMF turunkan prospek pertumbuhan global, gangguan pasokan hambat pemulihan ekonomi
ILUSTRASI. Logo IMF. REUTERS/Yuri Gripas/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan, gangguan rantai pasokan yang terus menerus dan tekanan inflasi menghambat pemulihan ekonomi global dari pandemi Covid-19. Karenanya, IMF memangkas prospek pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat dan negara-negara kekuatan industri utama lainnya.

Mengutip Reuters, Selasa (12/10), dalam Outlook Ekonomi Dunia, IMF memangkas perkiraan pertumbuhan global 2021 menjadi 5,9% dari perkiraan 6,0% yang dibuat pada bulan Juli. Namun IMF mempertahankan perkiraan pertumbuhan global 2022 sebesar 4,9%.

"Namun, revisi tajuk utama yang sederhana ini, menutupi penurunan peringkat besar-besaran untuk beberapa negara," kata IMF dalam laporan itu, menambahkan bahwa dinamika pandemi yang memburuk telah menggelapkan prospek ekonomi berkembang berpenghasilan rendah, sementara negara-negara kaya berjuang dengan gangguan pasokan.

IMF mengatakan pihaknya memperkirakan peningkatan inflasi mereda ke tingkat pra-pandemi pada tahun 2022.

Tetapi kepala ekonom IMF, Gita Gopinath, mengisyaratkan bahwa pemberi pinjaman global semakin khawatir tentang inflasi yang terus-menerus, dengan mengatakan: "Bank-bank sentral harus siap untuk bertindak cepat jika risiko kenaikan ekspektasi inflasi menjadi lebih material dalam pemulihan yang belum dipetakan ini."

Baca Juga: IMF says economic policymakers need to juggle continued support, risks

Gopinath, berbicara dalam konferensi pers virtual, mengatakan para pembuat kebijakan perlu "sangat waspada" untuk tanda-tanda bahwa inflasi upah menyebar lebih luas dari sektor-sektor tertentu dan apakah kenaikan harga perumahan berkontribusi pada penurunan ekspektasi inflasi.

Tapi dia memperingatkan agar tidak membandingkan dengan "stagflasi" gaya 1970-an, mencatat bahwa permintaan yang mendasarinya kuat, dan masalah terutama di sisi penawaran.

Aktivitas manufaktur global telah dibanting oleh ketidaksesuaian dan kekurangan pasokan-permintaan komponen utama seperti semikonduktor, pelabuhan yang tersumbat dan kurangnya kontainer kargo, dan krisis tenaga kerja karena rantai pasokan global yang dioptimalkan untuk efisiensi tetap berantakan setelah penutupan yang disebabkan oleh pandemi tahun lalu.

Pertumbuhan AS melambat

Amerika Serikat menerima beban terberat dari efek ini, dan IMF memangkas perkiraan pertumbuhan AS 2021 dengan poin persentase penuh, menjadi 6,0%, dari 7,0% pada Juli - level yang dipandang sebagai laju terkuat sejak 1984.

Pertumbuhan AS dapat menyusut lebih jauh, kata IMF, karena perkiraannya mengasumsikan Kongres AS yang terpecah akan menyetujui infrastruktur dan belanja sosial yang diusulkan Presiden Joe Biden senilai $4 triliun selama satu dekade. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×