kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

India Membatasi Impor Perhiasan Emas, Gara-Gara Indonesia?


Kamis, 13 Juli 2023 / 08:53 WIB
India Membatasi Impor Perhiasan Emas, Gara-Gara Indonesia?
ILUSTRASI. Pada Rabu (12/7/2023), India membatasi impor perhiasan dan barang emas tertentu. REUTERS/Ajay Verma


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PEMBATASAN IMPOR PERHIASAN EMAS INDIA - Pada Rabu (12/7/2023), India membatasi impor perhiasan dan barang emas tertentu. Salah satu penyebabnya adalah karena konsumen logam mulia terbesar kedua di dunia tersebut mencoba mencari celah dalam kebijakan perdagangan emas India.

Mengutip Reuters, berdasarkan pengumuman pemerintah India, impor barang-barang emas telah ditempatkan di bawah kategori pembatasan dari sebelumnya kategori bebas. Dijelaskan pula bahwa impor di bawah Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif India-Uni Emirat Arab akan diizinkan tanpa lisensi apa pun.

Melansir India Times, pembatasan berarti bahwa importir akan memerlukan lisensi untuk mengimpor barang-barang ini meskipun izin semacam itu tidak diperlukan untuk impor berdasarkan kuota tingkat tarif Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) India-UEA.

“Namun, impor di bawah CEPA India-UEA yang valid akan diizinkan secara bebas tanpa izin impor apa pun,” kata Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (DGFT).

Sumber India Times mengatakan, pembatasan telah diberlakukan sehubungan dengan peningkatan impor dari Indonesia di bawah perjanjian perdagangan bebas India-ASEAN di mana beberapa barang emas masuk bebas bea dan dicairkan di India untuk membuat perhiasan.

Baca Juga: Garap Pasar India, Hartadinata Abadi (HRTA) Bersiap Mengekspor Emas 4,5 ton

Pada April-Mei FY24, India mengimpor US$ 112,09 juta dari produk ini dimana US$ 76,28 juta berasal dari Indonesia.

Sementara itu, mengutip Reuters, pembatasan impor emas tersebut dilakukan karena importir selama beberapa bulan terakhir telah menggunakan kelemahan kebijakan untuk mendapatkan perhiasan emas murni dari Indonesia tanpa membayar pajak impor.

"Indonesia tidak pernah menjadi pemasok perhiasan emas ke India, tetapi dalam beberapa bulan terakhir, dealer emas batangan mengimpor 3-4 ton dari Indonesia tanpa membayar pajak impor," kata dealer yang berbasis di Mumbai.

Baca Juga: Apa Saja Mata Uang Terendah di Dunia 2023? Ini Daftarnya

India memungut pajak 15% untuk impor emas.

“Banyak dealer yang mengetahui celah itu, dan mereka juga mencoba mencari sumber dari Indonesia. Perubahan kebijakan telah menutup celah itu,” ujarnya.

Selanjutnya: Intip Rekomendasi Saham Buy dari Ajaib Sekuritas, Kamis (13/7): TLKM, ADMR, dan AMRT

Menarik Dibaca: Promo Gokana Terbaru 2023, Kotak Bekal Let’s Go Box Murah Bisa Dibawa Pulang




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×