kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

India mengerahkan kapal perang di Laut Cina Selatan


Rabu, 04 Agustus 2021 / 17:11 WIB
India mengerahkan kapal perang di Laut Cina Selatan
ILUSTRASI. INS Shakti, kapal tanker armada Angkatan Laut India. REUTERS/Feline Lim


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India mengirim satuan tugas angkatan laut ke Laut China Selatan bulan ini untuk memperluas hubungan keamanan dengan negara-negara sahabat, kata para pejabat negara itu, Rabu (4/8). Sekaligus menandakan niatnya untuk memainkan peran yang lebih besar dalam upaya regional untuk melawan China.

Militer India secara tradisional waspada untuk memusuhi China tetapi suasana hati telah mengeras setelah bentrokan antara pasukan di perbatasan darat yang disengketakan tahun lalu. Pemerintah sejak itu semakin dekat dengan Amerika Serikat dalam upaya untuk melawan China.

Empat kapal termasuk perusak peluru kendali dan fregat rudal akan dikerahkan untuk periode dua bulan ke Asia Tenggara, Laut Cina Selatan dan Pasifik barat, kata angkatan laut dalam sebuah pernyataan.

"Pengerahan kapal Angkatan Laut India berusaha untuk menggarisbawahi jangkauan operasional, kehadiran damai dan solidaritas dengan negara-negara sahabat untuk memastikan ketertiban yang baik di domain maritim," kata angkatan laut.

Baca Juga: Sambangi Asia Tenggara, Wapres AS galang dukung untuk lawan pengaruh China

Laut China Selatan telah menjadi salah satu dari banyak titik nyala dalam hubungan yang sulit antara China dan Amerika Serikat, dengan Washington menolak apa yang disebutnya klaim teritorial yang melanggar hukum oleh Beijing di perairan yang kaya sumber daya itu.

Pada bulan Juni, kelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Ronald Reagan memasuki Laut Cina Selatan sebagai bagian dari misi rutin dan kelompok kapal induk Inggris akan melakukan latihan di Laut Filipina bulan ini.

Sebagai bagian dari penempatan mereka, kapal-kapal India akan mengambil bagian dalam latihan perang bersama tahunan yang melibatkan Amerika Serikat, Jepang dan Australia di lepas pantai Guam, kata angkatan laut.

Keempat negara tersebut membentuk Quad, sebuah kelompok informal yang dipromosikan oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden sebagai cara untuk melawan China yang tegas.

"Inisiatif maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Angkatan Laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama dan komitmen terhadap Kebebasan Navigasi di laut," kata angkatan laut India dalam pernyataannya.

Selanjutnya: Angkatan Laut AS gelar latihan skala besar, dari Laut Hitam hingga Laut Cina Selatan




TERBARU

[X]
×