kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia sukses di China-ASEAN Expo 2018


Rabu, 19 September 2018 / 22:27 WIB
Indonesia sukses di China-ASEAN Expo 2018
ILUSTRASI. Penjualan mebel nasional


Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia meraih kesuksesan saat menghadiri China - Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) Expo (CA-Expo). Pencapaian tidak hanya diraih dari transaksi perdagangan. Indonesia pun meraih kesuksesan dalam sektor investasi.

"Tercatat kerja sama investasi di bidang kawasan industri terpadu (industrial park) yang ditandatangani dalam bentuk Letter of Intent (LoI) senilai US$ 5 miliar," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemdag) Arlinda dalam siaran pers, Rabu (19/8).

Transaksi dagang Indonesia pada tahun 2018 mencatatkan peningkatan sebesar 190%. Sedangkan, pada tahun 2017 transaksi Indonesia pada CA-Expo hanya sebesar US$ 2,14 juta.

Transaksi pun tidak hanya terjadk saat CA-Expo berlangsung. Arlinda mencatat bahwa potensi order yang diraih pengusaha Indonesia di CA-Expo mencapai US$ 6,2 juta.

Kesuksesan tersebut dinilai membuat penyegaran dalam ekonomi Indonesia. "Di tengah pelemahan nilai rupiah upaya Indonesia di CAEXPO 2018 membuahkan hasil dengan meraup pembelian produk dan investasi dengan nilai yang sangat signifikan," terang Arlinda.

Produk yang paling diminati pengunjung untuk ritel, lanjut Arlinda, adalah furnitur, aksesori dan perhiasan, dekorasi rumah, serta barang-barang konsumsi. Sedangkan produk lain yang berhasil mencuri perhatian calon buyer untuk ditindak lanjuti adalah sabut kelapa.

Dari tujuh calon buyer yang berminat dengan sabut kelapa, dua di antaranya berencana berkunjung ke Sulawesi Utara (Sulut) sebagai produsen. Bila terjadi kesepakatan, maka akan dilakukan penandatanganan bersamaan dengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia 2018.

Selain sabut kelapa, tas anyaman rotan produksi CV Prima Lestari juga menarik perhatian calon buyer. Sebanyak lima calon buyer sudah memesan 2.000 tas anyaman rotan yang akan digunakan sebagai kemasan untuk produk kosmetik.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 500 buah tas anyaman rotan senilai US$ 59 ribu akan dikirimkan pada tahap awal. Sementara itu, kerja sama investasi yang berhasil ditandatangani yaitu antara Pacific Construction Group dari China dan PT Famindo Internasional Sentral Teknologi dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×