Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
KONTAN.CO.ID - Para diplomat Indonesia dan Tiongkok pada hari Rabu (7/1) merayakan 75 tahun hubungan diplomasi kedua negara dengan merilis logo persahabatan baru di Jakarta.
Mengutip Xinhua, logo tersebut dibuat oleh pemuda Indonesia yang memenangkan kompetisi desain yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta, Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, dan Komunitas Kebijakan Luar Negeri Indonesia (FPCI).
Duta Besar untuk Indonesia, Wang Lutong, mengatakan bahwa ada lebih dari 600 karya yang mendaftar. Semuanya berhasil memasukkan hubungan sejarah, pencapaian kerja sama, dan visi bersama Indonesia dan Tiongkok.
Baca Juga: Resmi Bergabung dengan BRICS, Ini Keuntungan dan Tantangan Bagi Indonesia
"Dalam kompetisi desain ini, kami sangat senang melihat desainer dan pencinta seni dari kedua negara berpartisipasi aktif, dengan lebih dari 600 kiriman dari Indonesia saja," kata Wang pada perilisan logo di Tiongkok Space yang ada di dalam Masjid Istiqlal di Jakarta.
Sejalan dengan itu, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, juga memuji kompetisi tersebut karena secara jelas mencerminkan kemitraan yang kuat dan abadi antara Indonesia dan Tiongkok.
"Kerjasama bilateral ini terus memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Penting untuk memperkuat hubungan di bidang keamanan, ekonomi, dan pertukaran antarmasyarakat," kata Djauhari.
Baca Juga: Jepang dan Indonesia Bakal Produksi Bersama Fregat Siluman Kelas Mogami
Acara perayaan 75 tahun hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok juga dihadiri oleh Dino Patti Djalal, pendiri dan ketua FPCI serta mantan diplomat Indonesia. Dino menyatakan optimismenya terhadap perkembangan hubungan Indonesia-Tiongkok di masa mendatang.
"Peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik bukan hanya menjadi tonggak persahabatan, tetapi juga menjadi landasan yang kokoh bagi pengembangan kerja sama bilateral di masa mendatang," kata Dino.
Indonesia dan Tiongkok resmi mengikat hubungan diplomatik pada 13 April 1950. Menuju usia 75 tahun, sebuah logo persahabatan baru dilahirkan melalui kompetisi desain terbuka.