kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Industri penerbangan China merugi Rp 70,6 triliun di kuartal II


Jumat, 10 Juli 2020 / 15:32 WIB
Industri penerbangan China merugi Rp 70,6 triliun di kuartal II
ILUSTRASI. Pesawat Air China. Industri penerbangan China merugi Rp 70,6 triliun di kuartal II. REUTERS/Loren Elliott


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Industri penerbangan China anjlok semakin dalam dengan mencatatkan kerugian sebesar 34,25 yuan atau sekitar Rp 70,6 triliun pada kuartal II 2020.

Kerugian tersebut hanya sedikit menurun dibandingkan kerugian yang dicatatkan maskapai, bandara dan penerbangannya lainnya pada triwulan pertama sebesar 38,1 miliar yuan. Hal ini menunjukkan bahwa pukulan pandemi Covid-19 sangat luar biasa.

Baca Juga: Langgar HAM serius atas Muslim Uighur, AS jatuhkan sanksi ke pejabat China

Industri penerbangan China telah pulih lebih cepat daripada kebanyakan negara-negara lain akibat kebijakan lockdown. Itu didukung oleh pemulihan yang stabil di pasar perjalanan domestik setelah sebagian besar epidemik sudah dikendalikan.

Namun, data terbaru yang dirilis Adminstrasi Penerbangan Sipil China atau Civil Aviation Administration of China (CAAC) yang dikutip Reuters, Jumat (10/7), angka penumpang di industri penerbangan ini masih jauh di bawah level sebelum adanya Covid-19.

Jumlah penumpang Juni turun 42,4% dari tahun sebelumnya menjadi 30,74 juta, meskipun itu lebih baik daripada penurunan sebesar 52,6% yang terjadi pada bulan Mei. Pada semester pertama tahun ini, jumlah penumpang tercatat anjlok 45,8% dari tahun lalu.

Untuk meningkatkan arus kas, beberapa maskapai penerbangan Cina baru-baru ini meluncurkan tiket diskon yang akan memungkinkan penumpang melakukan perjalanan domestik tanpa batas dengan beberapa syarat.

Baca Juga: Ilmuwan WHO akan mengunjungi China untuk menyelidiki asal usul virus Corona

China Eastern Airlines adalah yang pertama di bulan Juni yang menjual tiket penerbangan lewat program bertajuk "terbang kapanpun" untuk perjalanan domestik akhir pekan secara unlimited. Itu berlaku hingga akhir tahun.

Program itu disambut dengan antusiasme konsumen yang besar dan lebih banyak maskapai mengikuti. Hainan Airlines bulan ini menawarkan tiket penerbangan yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan tak terbatas ke atau dari pulau Hainan, tempat wisata tropis yang populer.




TERBARU

[X]
×