kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi AS Melonjak, Picu Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga The Fed yang Lebih Agresif


Sabtu, 11 Juni 2022 / 05:55 WIB
Inflasi AS Melonjak, Picu Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga The Fed yang Lebih Agresif


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Inflasi Amerika Serikat yang memanas memicu taruhan bahwa Federal Reserve akan lebih agresif dalam meredam tekanan harga dan bahkan berpotensi membuang pedoman ke depan dengan kenaikan suku bunga yang besar dalam beberapa bulan mendatang.

Mengutip Reuters, Sabtu (11/6), pembuat kebijakan The Fed berjanji untuk menaikkan suku bunga 0,5% pada pertemuan mereka pekan depan dan pada akhir Juli, menyusul kenaikan 0,5% pada Mei dan dimulainya pengurangan neraca bulan ini.

Ini akan menjadi pengetatan kebijakan yang lebih dalam waktu tiga bulan bila dibanding dengan yang dilakukan The Fed sepanjang 2018.

Pada hari Jumat, pedagang berjangka yang terkait dengan suku bunga kebijakan Fed mulai menetapkan harga di jalur yang lebih berani setelah data Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan harga makanan dan rekor harga gas yang lebih tinggi secara tajam mendorong indeks harga konsumen (CPI) naik 8,6% bulan lalu dari tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Wall Street Anjlok Lebih Dari 2% di Tengah Inflasi AS yang Tinggi

Sebuah survei terpisah dari University of Michigan menunjukkan ekspektasi inflasi jangka panjang naik ke level tertinggi sejak 2008.

Harga kontrak berjangka dana Fed sekarang mencerminkan peluang yang lebih baik dari kenaikan suku bunga 75 basis poin pada bulan Juli, dengan peluang satu dari empat hal itu terjadi minggu depan, naik dari satu banding 20 sebelum laporan inflasi, dan tingkat kebijakan setidaknya dalam kisaran 3,25%-3,5% pada akhir tahun.

Imbal hasil pada catatan Treasury dua tahun, dilihat sebagai proksi untuk suku bunga kebijakan Fed, mencapai 3% untuk pertama kalinya sejak 2008.

"Kami percaya bahwa data inflasi hari ini, baik ekspektasi inflasi CPI dan UMich adalah pengubah permainan yang akan memaksa The Fed untuk beralih ke gigi yang lebih tinggi dan pengetatan kebijakan beban depan," tulis Aneta Markowska dari Jefferies, yang bergabung dengan ekonom di Barclays pada Jumat dalam memperkirakan kenaikan suku bunga 75 basis poin pada pertemuan Fed 14-15 Juni.

Sebagian besar ekonom masih mengharapkan kenaikan 0,5% minggu depan, dan lebih sama pada pertemuan berikutnya hingga setidaknya September jika tidak lebih jauh.

Inflasi inti, yang menghilangkan harga energi dan makanan yang bergejolak, naik 6% pada Mei, turun sedikit dari kecepatan April 6,2% tetapi jauh dari tanda jelas dan meyakinkan dari penurunan tekanan harga yang menurut Ketua Fed Jerome Powell perlu dilihat sebelum memperlambat kenaikan suku bunga.

"Setiap harapan bahwa Fed dapat mengurangi laju kenaikan suku bunga setelah pertemuan Juni dan Juli sekarang tampaknya menjadi pukulan panjang," tulis kepala analis keuangan Bankrate Greg McBride.

Ekonom di Deutsche Bank sependapat, dan mengatakan mereka sekarang memperkirakan suku bunga akan naik menjadi 4,125% pada pertengahan 2023.

Baca Juga: U.S. Annual Inflation Posts Largest Gain in Nearly 41 Years

Pembuat kebijakan Fed pada penutupan pertemuan minggu depan akan merilis tebakan terbaik mereka sendiri tentang seberapa tinggi yang mereka perlukan untuk menaikkan suku bunga jangka pendek. 

Mereka juga akan memberikan perkiraan berapa banyak pengangguran yang sekarang di angka 3,6%, mungkin perlu naik sebelum ekonomi cukup melambat untuk mengurangi inflasi.

Dalam beberapa minggu terakhir beberapa telah menyatakan harapan bahwa pada bulan September kenaikan suku bunga, bersama dengan berkurangnya tekanan rantai pasokan dan pergeseran yang diharapkan dalam pengeluaran rumah tangga dari barang langka dan menuju layanan, akan mulai mengurangi tekanan harga dan memungkinkan mereka untuk turun ke kenaikan tarif yang lebih kecil.

Laporan inflasi hari Jumat menunjukkan sebaliknya.

Harga mobil bekas, yang telah tenggelam, berbalik arah dan naik 1,8% dari bulan sebelumnya; tarif maskapai naik 12,6% dari bulan sebelumnya dan 37,8% dari tahun sebelumnya. Harga untuk tempat tinggal - di mana tren cenderung sangat persisten - naik 5,5%, lompatan terbesar dalam lebih dari 30 tahun.

Target suku bunga kebijakan Fed saat ini adalah 0,75%-1%. Pejabat Fed ingin membuatnya lebih tinggi tanpa merusak pasar tenaga kerja yang secara historis ketat dan mengirim ekonomi ke dalam resesi, tetapi percepatan inflasi akan membuat itu menjadi tugas yang sulit.

"Ini adalah angka yang jelek. ... Saya akan mengatakan kita mungkin akan berada dalam resesi pada kuartal keempat tahun ini dengan konfirmasi pada kuartal kedua tahun 2023," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Spartan Capital Securities.




TERBARU

[X]
×