kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi Konsumen di China Melambat pada April, Tanda Permintaan Domestik Lemah


Kamis, 11 Mei 2023 / 11:12 WIB
Inflasi Konsumen di China Melambat pada April, Tanda Permintaan Domestik Lemah
ILUSTRASI. Inflasi konsumen China pada April naik dengan laju paling lambat dalam lebih dari dua tahun REUTERS/Thomas Peter


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Inflasi konsumen China pada April naik dengan laju paling lambat dalam lebih dari dua tahun, sementara terjadi deflasi di tingkat pabrik. Ini menunjukkan lebih banyak stimulus mungkin diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi pasca Covid.

Mengutip Reuters, Kamis (11/5), lemahnya kenaikan inflasi di tingkat konsumen memperkuat sinyal dari data perdagangan minggu ini yang menunjukkan permintaan domestik masih lesu. Sementara dorongan deflasi pada harga produsen menggarisbawahi tekanan pada pabrik. Ini menjadi tekanan ganda bagi ekonomi China.

Indeks harga konsumen (CPI) pada bulan April naik 0,1% secara tahunan, terendah sejak Februari 2021, dan menurun dari kenaikan tahunan 0,7% pada bulan Maret, kata Biro Statistik Nasional (NBS).

Baca Juga: China's Slow Consumer Inflation, Deepening Factory Gate Deflation to Test Policy

Deflasi produsen juga semakin dalam bulan lalu, yang digabungkan dengan data IHK, menyoroti perjuangan ekonomi yang lebih luas untuk bangkit kembali setelah pencabutan pembatasan Covid pada bulan Desember.

Indeks harga produsen (PPI) turun pada laju tercepat sejak Mei 2020 dan turun selama tujuh bulan berturut-turut, turun 3,6% secara tahunan setelah penurunan 2,5% pada bulan sebelumnya.

Ekonomi China tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal pertama berkat pencabutan pembatasan Covid tetapi pemulihannya tidak merata.

Data terbaru menunjukkan aktivitas pabrik menyusut, sementara pelemahan terus-menerus di pasar properti tetap menjadi perhatian.

Para analis mengungkapkan, pembukaan kembali mungkin memberikan momentum kenaikan pada inflasi jasa, tetapi sebagian besar diimbangi dengan melambatnya pertumbuhan harga makanan dan energi.

Data terbaru dapat meningkatkan tekanan pada People's Bank of China (PBOC) untuk memangkas suku bunga atau melepaskan lebih banyak likuiditas ke dalam sistem keuangan.

PBOC memotong rasio persyaratan cadangan pemberi pinjaman (RRR) untuk pertama kalinya tahun ini pada bulan Maret.

"Tingkat Headline (CPI) akan tetap jauh di bawah pagu pemerintah sekitar 3,0%; yang memberikan ruang bernapas bagi pejabat PBOC yang khawatir tentang daya tahan pemulihan ekonomi untuk mempertahankan suku bunga kebijakan," kata Zichun Huang, Ekonom China di Ekonomi Modal.

PBOC Diuji

Tekanan inflasi secara keseluruhan tetap rendah dengan inflasi konsumen inti, yang tidak termasuk harga makanan dan energi yang bergejolak, naik 0,7%, tidak berubah dari bulan sebelumnya.

Biro statistik mengaitkan inflasi konsumen yang lebih lemah dengan efek dasar. Harga sayuran melanjutkan penurunannya menjadi 13,5% dan daging babi, pendorong utama IHK, memperlambat kenaikan harganya menjadi 4,0% dari 9,6% di bulan Maret.

Analis terpecah mengenai apakah bank sentral akan terus melonggarkan kebijakan karena rekor pertumbuhan kredit kemungkinan akan membatasi tingkat dukungan moneter yang dapat diberikannya.

Baca Juga: Bursa Asia Mixed, Investor Mercermati Data Inflasi

"China masih dalam tahap disinflasi, bukan deflasi. Pemulihan pasca pembukaan kembali yang didorong oleh liburan Hari Buruh selanjutnya dapat memacu angka IHK pada bulan Mei, yang berarti urgensi pelonggaran moneter skala besar dalam waktu dekat berkurang," kata Bruce Pang, kepala ekonom di Jones Lang Lasalle.

Para pemimpin puncak berjanji dalam pertemuan Politbiro bulan lalu untuk mempertahankan dukungan ekonomi, dengan fokus pada peningkatan permintaan domestik.

"Mengamankan pertumbuhan pendapatan dan meningkatkan kepercayaan konsumen tetap menjadi prioritas kebijakan utama untuk memberikan pemulihan konsumsi yang lebih berkelanjutan," kata Pang.
 




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×