Inflasi Tinggi dan Pasar Volatile, Ini Saran Menarik dari Warren Buffett

Jumat, 07 Oktober 2022 | 08:22 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Inflasi Tinggi dan Pasar Volatile, Ini Saran Menarik dari Warren Buffett

ILUSTRASI. Inilah saran menarik dari Warren Buffett yang dapat Anda pelajari tentang inflasi, dana indeks, dan investasi nilai. REUTERS/Rick Wilking


KONTAN.CO.ID - Investor pemula dan berpengalaman tengah berupaya keras untuk bertahan di tengah situasi yang tidak pasti yang dipengaruhi oleh inflasi, perang, dan pandemi. Kejelasan dan strategi keuangan sangat dibutuhkan. 

Ketua dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, adalah seorang investor dan legenda bisnis yang dikenal karena nasihat dan kecakapan keuangan strategisnya. 

Melansir nerdwallet.com, inilah saran menarik dari Warren Buffett yang dapat Anda pelajari tentang inflasi, dana indeks, dan investasi nilai.

Inflasi "menipu hampir semua orang," Buffett mengingatkan investor pada 30 April 2022. Harga barang dan jasa meningkat, yang berarti dolar AS hanya dapat membeli lebih sedikit daripada yang dibeli satu atau dua tahun lalu.

Keluarga AS yang saat ini sudah berhadapan dengan stagnasi upah selama beberapa dekade, kini harus menghadapi kenaikan harga makanan, gas, dan tempat tinggal, untuk beberapa nama. 

Dan sementara perubahan pasar dan peristiwa global berada di luar lingkup pengaruh investor individu, adalah bijaksana bagi konsumen untuk fokus pada apa yang dapat mereka kendalikan. 

Baca Juga: Warren Buffett: Jangan Bekerja untuk Uang karena Anda Akan Terjebak di Duniawi

Dalam kebanyakan kasus, itu berarti tetap mengikuti strategi investasi Anda. Lagi pula, seperti yang disarankan Warren Buffett, berinvestasi dalam jangka panjang biasanya merupakan cara terbaik untuk mengalahkan inflasi.

Mengutip CNBC, berbicara pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway 2022, Warren Buffett mengulangi nasihatnya yang telah lama dipegangnya. 

Yakni, salah satu perlindungan terkuat terhadap inflasi adalah mempertajam keterampilan Anda dan bekerja untuk menjadi yang terbaik di bidang Anda. 

"Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjadi sangat baik dalam melakukan sesuatu," kata pria berusia 91 tahun itu.  

Baca Juga: Manuver Warren Buffett yang Kurang Dikenal Ini Bisa Bikin Investor Kaya Raya

Menyebutkan profesi seperti dokter dan pengacara sebagai contoh, Warren Buffett mengatakan bahwa:  ”(Orang) akan memberi Anda sebagian dari apa yang mereka hasilkan sebagai imbalan atas apa yang Anda berikan.” 

Warren Buffett menambahkan bahwa keterampilan, tidak seperti mata uang, tahan terhadap inflasi. Jika Anda memiliki keterampilan yang diminati, itu akan tetap diminati tidak peduli berapa nilai dolarnya.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru