kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Informasi Penting dari KTT G20 Bali yang Harus Diketahui


Selasa, 15 November 2022 / 06:51 WIB
Informasi Penting dari KTT G20 Bali yang Harus Diketahui
ILUSTRASI. Pertemuan antara Joe Biden dan Xi Jinping menjelang KTT G20 di pulau Bali, Indonesia, adalah pembicaraan langsung pertama mereka sejak Biden menjadi presiden. REUTERS/Kevin Lamarque


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Mulai hari ini, Selasa (15/11/2022), Konferensi Tingkat Tinggi G20 bakal diselenggarakan di Bali, Indonesia. 

Sejumlah pemimpin dunia yang diundang untuk menghadiri KTT G20 sudah tiba di Bali sejak beberapa hari yang lalu. 

Berikut adalah informasi penting yang harus diketahui mengenai KTT G20, seperti yang dilansir Kontan dari Reuters:

Pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping

* Pertemuan antara Joe Biden dan Xi Jinping menjelang KTT G20 di pulau Bali, Indonesia, adalah pembicaraan langsung pertama mereka sejak Biden menjadi presiden.

* Menurut media pemerintah Tiongkok, dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan mereka, Xi menyebut Taiwan sebagai "garis merah pertama" yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan AS-Tiongkok. Sementara, Biden mengatakan kebijakan AS di Taiwan tidak berubah.

* Biden mengatakan dia telah memberi tahu Xi bahwa Beijing memiliki kewajiban untuk mencoba berbicara dengan Korea Utara agar tidak melanjutkan uji coba nuklir.

* Biden mengatakan kedua belah pihak menyiapkan mekanisme untuk komunikasi yang lebih sering. Menteri Luar Negeri Antony Blinken akan melakukan perjalanan ke China untuk menindaklanjuti diskusi tersebut. "Saya pikir kita saling memahami," kata Biden.

* Menurut Gedung Putih, kedua pemimpin setuju untuk mengizinkan pejabat senior memperbarui komunikasi tentang iklim, keringanan utang, dan masalah lainnya.

Baca Juga: KTT B20 2022 Telah Usai, Ini Hasil-Hasilnya

Rusia dan Ukraina

* Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan dia akan berpidato di pertemuan G20 melalui tautan video pada hari Selasa.

* Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Senin menepis laporan kantor berita bahwa dia telah dibawa ke rumah sakit karena penyakit jantung setelah tiba di Bali untuk menghadiri KTT. Dia memarahi wartawan Barat atas apa yang dia sebut sebagai laporan palsu.

Rencana para pemimpin dunia

* Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak akan meminta G20 untuk tindakan terkoordinasi dalam mengatasi ketidakstabilan ekonomi internasional dan meningkatnya biaya hidup. Sunak akan mengadakan pembicaraan dengan Biden dan Lavrov.

* Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan dia akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Xi pada hari Selasa. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga akan bertemu dengan Xi pada hari Selasa.

* Media pemerintah Arab Saudi memberitakan, Putra Mahkota Mohammed bin Salman meninggalkan Arab Saudi pada hari Senin untuk menghadiri KTT dan akan mengunjungi negara-negara Asia lainnya. Namun tidak disebutkan negara mana saja yang akan dikunjungi.

Baca Juga: Presiden Erdogan ke Indonesia Temui Jokowi di Bali, Bawa Deal Bisnis US$ 4,4 miliar

Covid-19

* Indonesia, yang memegang kepresidenan G20, memiliki protokol yang ketat dalam KTT G20. Distrik Nusa Dua yang menjadi tuan rumah KTT G20 telah mengalami penguncian sejak 11 November dan akan tetap berlaku seperti itu hingga 17 November mendatang.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×