kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inggris akan mulai menggunakan vaksin Covid-19 Pfizer minggu ini


Minggu, 06 Desember 2020 / 08:11 WIB
Inggris akan mulai menggunakan vaksin Covid-19 Pfizer minggu ini
ILUSTRASI. Inggris bersiap menjadi negara pertama yang meluncurkan penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 pekan ini.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - LONDON. Inggris bersiap menjadi negara pertama yang menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 pekan ini. Pemerintah Inggris mengatakan, stok vaksin akan tersedia di rumah sakit baru menyusul distribusi ke klinik dokter.

Dosis pertama akan diberikan pada hari Selasa (8/12). National Health Service (NHS) atau Layanan Kesehatan Nasional akan memprioritaskan vaksinasi orang-orang yang berusia di atas 80-an, petugas kesehatan garis depan, dan staf serta penghuni panti jompo.

Inggris memberikan persetujuan penggunaan darurat untuk vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech minggu lalu. Persetujuan ini merupakan persetujuan paling awal daripada negara-negara lain untuk memulai program inokulasi massal paling penting dalam sejarah.

Secara total, Inggris telah memesan 40 juta dosis yang akan cukup untuk memvaksinasi 20 juta orang di negara berpenduduk 67 juta itu. Sekitar 800.000 dosis diharapkan tersedia dalam minggu pertama.

Baca Juga: Warning kejatuhan bursa saham global kian kuat, harga jauh di atas fundamental

Dosis awal yang telah tiba dari Belgia disimpan di lokasi yang aman di seluruh negeri. Kementerian Kesehatan mengatakan, kualitas vaksin akan diperiksa di lokasi ini.

Vaksin Pfizer/BioNTech memiliki persyaratan penyimpanan yang berat. Vaksin perlu disimpan pada suhu -70 derajat celsius dan hanya bertahan lima hari di lemari es biasa.

Untuk itu, kementerian kesehatan menyatakan vaksin akan diberikan terlebih dahulu di 50 rumah sakit. Akan perlu beberapa jam untuk mencairkan setiap vaksin dan mempersiapkannya untuk digunakan.

NHS Inggris telah menulis kepada dokter umum, memberitahu mereka untuk bersiap-siap memberikan vaksinasi melalui layanan dokter lokal mulai 14 Desember.

Baca Juga: Studi temukan obat lain yang berpotensi mengatasi Virus Corona

Pemerintah mengatakan, daripada menjalankan klinik dalam operasi individu, kelompok dokter lokal akan mengoperasikan lebih dari 1.000 pusat vaksinasi di seluruh negeri.

Kotak vaksin berisi lima bungkus 975 dosis, tetapi persetujuan pengaturan khusus diperlukan untuk memisahkannya. Seorang pejabat medis senior mengatakan bahwa meskipun dia berharap dapat membagi bungkusan dan mengirimkannya langsung ke rumah perawatan, itu tidak dijamin.

Inggris adalah salah satu negara pertama yang meluncurkan vaksinasi di luar konteks uji coba klinik. Peluncuran ini meningkatkan harapan bahwa gelombang itu dapat segera berbalik melawan virus yang telah menewaskan hampir 1,5 juta orang di seluruh dunia dan menghancurkan ekonomi dunia.

Rusia mulai mendistribusikan vaksin Sputnik V Covid-19 melalui 70 klinik di Moskow pada Sabtu, meskipun suntikan itu belum menyelesaikan uji coba terakhirnya.

Baca Juga: Pengendalian wabah corona menjadi kunci pertumbuhan ekonomi tahun depan




TERBARU

[X]
×