kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Alasan Mengapa Ukraina Membutuhkan Tank Tempur Leopard 2


Jumat, 27 Januari 2023 / 09:51 WIB
Ini Alasan Mengapa Ukraina Membutuhkan Tank Tempur Leopard 2
ILUSTRASI. Kyiv secara khusus mengajukan permohonan pengiriman tank Leopard 2 karena memiliki beberapa keunggulan. REUTERS/Clodagh Kilcoyne


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jerman telah setuju untuk mengirim tank Leopard 2 miliknya ke Ukraina dan mengizinkan negara-negara lain yang menggunakan tank buatan Jerman untuk mengekspornya kembali. Keputusan tersebut menanggapi permintaan berbulan-bulan dari Kyiv untuk senjata tambahan demi menembus garis pertahanan Rusia.

Mengutip Reuters, Kyiv secara khusus mengajukan permohonan pengiriman tank Leopard 2 karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan alternatifnya, seperti tank Challenger 2 Inggris dan tank M1 Abrams AS.

Alasan Mengapa Ukraina Menginginkan Leopard 2

Salah satu keunggulan tank Leopard 2 adalah, selain menjadi salah satu tank terbaik di gudang senjata Barat, tank ini juga salah satu yang paling banyak digunakan.

Dengan sekitar 20 negara yang mengoperasikan Leopard 2, beberapa negara masing-masing dapat memasukkan sebagian kecil tank mereka untuk mendukung Ukraina. Mengoperasikan satu model dalam jumlah besar akan memudahkan Ukraina untuk melatih kru dan mengelola pemeliharaan.

Lebih dari 3.500 tank Leopard 2 telah diciptakan sejak produksi dimulai pada tahun 1978.

Baca Juga: Belum Puas dengan Tank, Ukraina Kini Berharap Mendapat Bantuan Jet Tempur

Tank, yang diproduksi bersama oleh perusahaan Jerman Krauss-Maffei Wegmann dan Rheinmetall, berbobot lebih dari 60 ton, memiliki smooth bore gun 120 mm dan dapat mencapai target pada jarak hingga lima km (3,1 mil).

Negara yang mengoperasikan Leopard ini termasuk Kanada, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, Austria, Polandia, Spanyol, Swedia dan Turki.

Ada berapa banyak tank Leopard 2 yang tersedia?

Meskipun tank Leopard 2 banyak digunakan, tank dan senjata berat lainnya jarang tersedia di sebagian besar Barat karena banyak negara secara drastis mengurangi ukuran militer mereka setelah runtuhnya Uni Soviet.

Menurut pakar militer Jerman Carl Schulze, Jerman memiliki sekitar 350 tank Leopard 2 saat ini, dibandingkan dengan sekitar 4.000 tank utama pertempuran pada puncak Perang Dingin.

Pada saat yang sama, tidak mungkin membeli tank Leopard 2 dalam jumlah besar dengan cepat.

Baca Juga: 7 Senjata Mematikan yang Dipasok 30 Lebih Negara untuk Ukraina

Industri pertahanan Jerman dilarang oleh undang-undang untuk memproduksi tank ini untuk persediaan. Biasanya, negara yang memesan tank baru harus siap menunggu dua hingga tiga tahun untuk pengiriman.

Bahkan jika produksi ditingkatkan, para ahli mengatakan butuh setidaknya dua tahun untuk tank baru pertama dikirimkan keluar pabrik.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×