Ini asal-muasal #10years Challenge yang sedang viral

Kamis, 17 Januari 2019 | 14:10 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini asal-muasal #10years Challenge yang sedang viral


10 years challenge - JAKARTA. Dua hari terakhir jagad media sosial diramaikan dengan tren tanda pagar (tagar) #10yearsChallenge. Tren ini menjadi topik yang paling banyak dibicarakan orang.

Di Twitter #10yearschallenge menduduki posisi kelima trending topic sedunia. Berdasarkan pelacakan Google Trends, #10yearsChallenge juga menjadi topik paling dicari urutan kedua di Indonesia pada Selasa (15/1) lalu.   

Apa dan dari mana asal 10 years challenge ini?

Sesungguhnya tren ini terinspirasi oleh fitur Facebook yang kerap menampilkan foto-foto atau status lawas di lini masa penggunanya.

Melihat betapa foto-foto lama itu menunjukkan perbedaan dengan kondisi sekarang, para pengguna Facebook mulai menggunggah kembali foto lama dan foto terkini sebagai perbandingan.

Pada awalnya mereka membubuhkan tanda pagar (tagar) #HowHardDidAgingHitYou untuk mengingatkan betapa besar perubahan fisik termakan oleh usia.

Tagar tantangan ini terus berkembang menjadi #2009vs2019, #Glowup, dan kemudian menjadi #10YearsChallenge yang kini menghebohkan.

Kecenderungan ini tak lagi hanya beredar di Facebook, para pengguna internet juga mengunggah foto-foto dua zaman itu di Instagram dan Twitter. 

Cara mengikuti "tantangan" ini cukup mudah. Siapkan foto saat ini dan foto yang diambil 10 tahun lalu, kemudian sandingkan keduanya dengan aplikasi foto editor. Unggah foto di akun Facebook atau Instagram dengan menyertakan #10yearschallenge. 

Dianggap seru, banyak nitizen di dunia mengikuti tatangan ini. Alih-alih mengunggah foto masa lalu dan masa kini, beberapa orang membuatnya sebagai bahan lelucon dengan mengunggah foto masa kini yang disandingkan dengan foto artis dimasa remaja. 

Ah, Anda juga sudah melakukannya, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru