kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini daftar konglomerat dengan gaji tertinggi di Korea Selatan selama semester I-2020


Sabtu, 15 Agustus 2020 / 09:32 WIB
Ini daftar konglomerat dengan gaji tertinggi di Korea Selatan selama semester I-2020
ILUSTRASI. Lotte Group Chairman Shin Dong-bin

Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pimpinan Lotte Group Shin Dong-bin kembali menduduki peringkat pertama sebagai pemimpin bisnis dengan bayaran tertinggi di antara 10 konglomerat teratas di Korea Selatan di paruh pertama tahun 2020. 

Jumat (18/8), data industri menunjukkan, Dong-bin menerima gaji sebesar 6,28 miliar won setara Rp 78 miliar selama periode Januari-Juni dari enam afiliasi grup. Jumlah tersebut turun dari 7,9 miliar won setara Rp 98,20 miliar yang diperolehnya selama periode yang sama tahun lalu.

Penurunan gaji yang didapat Shin berasal dari pengunduran dirinya sebagai CEO Lotte Engineering & Construction yang dilakukan tahun lalu, serta pemangkasan setengah gaji dari Lotte Hotel.

Baca Juga: Meski dihindari Warren Buffett, ini 5 alasan potensial pilih emas untuk investasi

Posisi berikutnya diisi oleh Chairman GS Group Huh Tae-soo yang  menghasilkan 6 miliar won atau Rp 74,58 miliar dalam enam bulan. Dari jumlah tersebut, sekitar 5,1 miliar won berasal dari dana pensiun yang diterimanya dari GS Home Shopping.

Chairman LG Group Koo Kwang-mo berada di peringkat ketiga dengan gaji paruh pertama mencapai 5,82 miliar won setara Rp 72,34 miliar. Jumlah itu naik 81% dari gaji Koo di tahun sebelumnya, bahkan lebih tinggi dari gaji tahunannya di 2019 yang hanya 5,39 miliar won.

Sementara itu, Chairman SK Group Chey Tae-won memperoleh 3,9 miliar won selama periode Januari-Juni 2020. Jumlah tersebut turun 100 juta won dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal berbeda dirasakan Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jae-yong yang tidak menerima gaji selama paruh pertama. Ini terjadi karena Lee sedang menghadapi persidangan atas skandal korupsi.

Baca Juga: Freddy Widjaja: Kalau tidak ada tanggapan dari abang tiri saya, akan ada gugatan lagi

Nah, di antara para pemimpin bisnis bergaji tinggi, terdapat dua generasi konglomerat dalam list ini. Pertama, Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group Chung Eui-sun, yang menerima 2,18 miliar won. Sementara itu, sang ayah yang juga Chairman Hyundai Motor Group Chung Mong-koo memperoleh 2,43 miliar won dalam enam bulan pertama tahun ini.

Sementara itu, Kwon Oh-hyun, yang dikenal karena berhasil mencapai posisi puncak di Samsung Electronics walau hanya seorang pekerja biasa, memperoleh 11,3 miliar won setara Rp 140,46 miliar. Ini menjadikan Kwon sebagai chairman perusahaan dengan gaji terbesar yang bukan berasal dari perusahaan keluarga. 



TERBARU

[X]
×