kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Ini Daftar Korporasi AS yang Lakukan PHK di 2024 karena Prospek Ekonomi Suram


Jumat, 09 Agustus 2024 / 16:43 WIB
Ini Daftar Korporasi AS yang Lakukan PHK di 2024 karena Prospek Ekonomi Suram
ILUSTRASI. Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di Amerika Serikat (AS) masih berlangsung. Perusahaan-perusahaan di AS dan Kanada melanjutkan PHK pada tahun 2024 karena tak yakin dengan prospek ekonomi.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada melanjutkan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) pada tahun 2024 setelah memberhentikan ribuan orang tahun lalu.

Prospek ekonomi AS yang sedang tidak baik-baik saja menjadi pertimbangan korporasi AS melakukan PHK.

Tambahlagi, prospek pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve (The Fed) yang tidak pasti bahkan ketika ketakutan akan resesi mereda dengan cepat.

Baca Juga: Klaim Pengangguran AS Turun, Terbesar dalam 11 Bulan

Nah, berikut ini adalah ringkasan pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan AS dan Kanada yang diumumkan di tahun ini:

Teknologi

* Pemutusan hubungan kerja Amazon mencakup kurang dari 5% karyawan di unit Buy with Prime, 5% di divisi buku audio dan podcast Audible, beberapa ratus di operasi streaming dan studio, 35% di unit streaming Twitch, beberapa ratus di unit perawatan kesehatan One Medical dan Amazon Pharmacy.

Amazon juga mengumumkan PHK di Amazon Web Services (AWS) yang berdampak pada beberapa ratus peran dalam penjualan, pemasaran, dan layanan global serta beberapa ratus peran di tim teknologi toko fisik.

* PHK di Alphabet mencakup puluhan orang di divisi pengembangan teknologi baru X Lab, ratusan di tim penjualan iklan, ratusan di seluruh tim, termasuk tim perangkat keras yang bertanggung jawab atas Pixel, Nest, dan Fitbit, dan mayoritas di tim augmented reality.

* Microsoft memangkas sekitar 1.900 pekerjaan di divisi game Activision Blizzard dan Xbox.

* IBM berencana untuk memberhentikan beberapa karyawan pada tahun 2024 tetapi akan mempekerjakan lebih banyak untuk peran yang berpusat pada AI.

* Intel mengatakan akan memangkas lebih dari 15% tenaga kerjanya, sekitar 17.500 orang, karena pembuat chip tersebut mengejar perubahan haluan yang berfokus pada bisnis manufaktur yang merugi.

* Paramount Global mengatakan akan memangkas 15% tenaga kerjanya di AS karena konglomerat media tersebut mengarungi penurunan bisnis televisi kabel.

Pengurangan tersebut merupakan bagian dari upaya Paramount untuk memangkas biaya sebesar $500 juta menjelang penggabungannya dengan Skydance Media dan akan memengaruhi sekitar 2.000 orang.

* Perusahaan e-commerce eBay berencana memangkas sekitar 1.000 posisi atau sekitar 9% dari tenaga kerjanya.

* Penyedia perangkat lunak gim video Unity Software memangkas sekitar 25% tenaga kerjanya, atau 1.800 pekerjaan.

* DocuSign berencana memangkas tenaga kerjanya sekitar 6%, atau 400 karyawan, dengan mayoritas di organisasi penjualan dan pemasarannya.

* Snap berencana memangkas sekitar 528 pekerjaan atau 10% dari tenaga kerjanya di seluruh dunia.

* Salesforce memberhentikan sekitar 700 karyawan, atau sekitar 1% dari tenaga kerjanya di seluruh dunia.

* Raksasa jaringan Cisco berencana merestrukturisasi bisnisnya yang akan mencakup pemutusan hubungan kerja ribuan karyawan.

* Perusahaan teknologi kendaraan otonom Aurora Innovation memberhentikan 3% tenaga kerjanya.

* BlackBerry Kanada berencana melakukan lebih banyak PHK, selain sekitar 200 pemutusan hubungan kerja pada kuartal sebelumnya.

* Perusahaan radio satelit SiriusXM berencana memangkas tenaga kerjanya sekitar 3%, atau sekitar 160 posisi.

* Bumble akan memberhentikan 350 pekerjaan atau sekitar 30% dari tenaga kerjanya.

Baca Juga: Kekhawatiran Investor Terhadap Resesi AS Dinilai Terlalu Berlebihan

Produsen Mobil

* Produsen mobil listrik Tesla akan memberhentikan lebih dari 10% dari tenaga kerjanya di seluruh dunia, menurut memo internal yang dilihat oleh Reuters, karena perusahaan itu bergulat dengan penurunan penjualan di tengah perang harga yang semakin ketat untuk kendaraan listrik.

* Pembuat kendaraan listrik Lucid mengatakan akan mengurangi tenaga kerjanya sebesar 6%, atau sekitar 400 karyawan, industri kendaraan listrik bergulat dengan pertumbuhan yang lebih lambat.

Media

* Pixar Animation Studios, produser film klasik seperti "Toy Story" dan "Up," mulai memberhentikan sekitar 14% dari tenaga kerjanya karena mengurangi pengembangan serial streaming asli. Sekitar 175 orang akan terkena dampak pemutusan hubungan kerja di unit Walt Disney Co.

* Grup media Inggris milik Comcast, Sky, berencana untuk memangkas sekitar 1.000 pekerjaan di seluruh bisnisnya tahun ini.

* Los Angeles Times berencana memberhentikan 94 jurnalis.

* Paramount Global berencana melakukan PHK dalam jumlah yang tidak disebutkan.

* Business Insider berencana memberhentikan sekitar 8% stafnya.

* Bell Canada berencana memangkas 4.800 pekerjaan.

Baca Juga: Tingkat Pengangguran AS Bulan Juli Naik Jadi 4,3%

Jasa Keuangan

* PayPal Holdings berencana memangkas sekitar 2.500 pekerjaan, atau 9% dari tenaga kerja globalnya tahun ini.

* Perusahaan pembayaran Block Inc telah mulai memangkas pekerjaan yang tidak disebutkan.

* Citigroup berencana mengurangi jumlah karyawannya sebanyak 20.000 orang selama dua tahun ke depan. Perusahaan telah mengumumkan rencana untuk memangkas 716 posisi di New York untuk mencapai target tersebut.

* Raksasa perbankan investasi Morgan Stanley berencana memangkas ratusan pekerjaan di unit manajemen kekayaannya, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters, seraya menambahkan bahwa pemangkasan tersebut akan berdampak pada kurang dari 1% karyawan divisi tersebut.

* Operator bursa Nasdaq berencana memangkas ratusan pekerjaan karena mengintegrasikan perusahaan fintech Adenza ke dalam bisnisnya.

* Manajer aset BlackRock akan memangkas sekitar 3% tenaga kerjanya tetapi memperkirakan jumlah karyawan yang lebih besar pada akhir tahun 2024.

Konsumer dan Ritel

* Pengecer terbesar di dunia, Walmart, berencana memangkas ratusan pekerjaan di kantor pusat perusahaannya dan merelokasi sebagian besar tenaga kerja jarak jauhnya yang berbasis di AS dan Kanada ke tiga kantor.

* Raksasa kosmetik Estee Lauder berencana memangkas 3% hingga 5% tenaga kerjanya di seluruh dunia.

* Wayfair berencana memberhentikan 1.650 karyawan, atau sekitar 13% dari tenaga kerjanya.

* Jaringan department store AS Macy's memangkas 2.350 pekerjaan, menutup lima toko.

* Levi Strauss berencana memangkas 10%-15% pekerjaan perusahaan global.

* Rencana restrukturisasi Hershey akan berdampak pada kurang dari 5% tenaga kerjanya.

* Nike akan memangkas sekitar 2% dari total tenaga kerjanya, atau lebih dari 1.600 pekerjaan, karena raksasa pakaian olahraga itu berupaya memangkas biaya setelah laba yang menurun tahun ini.

Merek alas kaki perusahaan, Converse, juga akan memangkas pekerjaan sebagai bagian dari rencana penghematan biaya Nike senilai US$ 2 miliar yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Klaim Pengangguran Mingguan AS Naik ke Level Tertinggi Dalam 11 Bulan

Kesehatan

* Novavax memangkas sekitar 12% tenaga kerjanya.

* Perusahaan kesehatan konsumen Kenvue akan memangkas 4% tenaga kerjanya global.

Manufaktur

* Kontraktor pertahanan Lockheed Martin berencana memangkas 1% tenaga kerjanya.

* Spirit AeroSystems memberhentikan beberapa ratus anggota tenaga kerjanya di Wichita, Kan., menurut memo internal, karena perusahaan tersebut menghadapi utang yang tinggi dan produksi yang melambat di Boeing, pelanggan utamanya.

* Kontraktor pertahanan AS L3Harris memangkas 5% tenaga kerjanya pada bulan April dalam upaya untuk merampingkan bisnisnya dan menghemat biaya.

Logistik

* United Parcel Service berencana memangkas 12.000 pekerjaan untuk memangkas biaya.

* FedEx berencana memangkas antara 1.700 dan 2.000 pekerjaan kantor di Eropa, karena perusahaan pengiriman paket tersebut berjuang dengan permintaan pengiriman yang lemah.

Baca Juga: Kepala BKF Prediksi The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga Lebih Banyak

Sumber Daya Alam

* Produsen gas alam AS Chesapeake Energy memberhentikan karyawan setelah menyelesaikan divestasi aset minyaknya tahun lalu.

* Penambang AS Piedmont Lithium memangkas 27% tenaga kerjanya dalam rencana pemangkasan biaya.

* Perusahaan pipa minyak dan gas Kanada TC Energy telah memberhentikan beberapa pekerjanya sebagai bagian dari rencana yang diumumkan sebelumnya untuk mengintegrasikan unit pipa gas alamnya.

* Operator jaringan pipa minyak mentah yang berbasis di Kanada, Enbridge, mengatakan akan mengurangi tenaga kerjanya sebanyak 650 pekerjaan, atau 5%, dalam upaya untuk memangkas biaya.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×