kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini daftar negara yang diprioritaskan mendapat vaksin Covid-19 China, RI termasuk


Selasa, 29 September 2020 / 09:57 WIB
Ini daftar negara yang diprioritaskan mendapat vaksin Covid-19 China, RI termasuk
ILUSTRASI. China merupakan salah satu pelopor dunia dalam pengembangan vaksin Covid-19. REUTERS/Thomas Peter


Sumber: South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China merupakan salah satu pelopor dunia dalam pengembangan vaksin Covid-19. Melansir South China Morning Post, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dari 300 kandidat vaksin di seluruh dunia, sembilan di antaranya sedang dalam uji coba pada manusia fase 3.

Empat di antaranya diproduksi di China, yakni oleh Sinovac Biotech, perusahaan swasta CanSino Biologics yang berafiliasi dengan militer, dan China National Biotec Group (CNBG) milik negara.

Ketidakpastian mengenai vaksin tetap ada. Akan tetapi, pejabat China optimistis bahwa batch pertama vaksin Covid-19 akan siap untuk masyarakat umum pada awal November atau Desember.

China menyetujui tiga vaksin yang tidak aktif - dua oleh CNBG dan satu lagi oleh Sinovac - untuk penggunaan darurat pada Juli. Masuknya kedua perusahaan ke pasar massal tergantung pada hasil uji klinis fase 3.

Baca Juga: China: Perlakukan tetangga sebagai musuh, hanya bawa bencana lebih besar

Menurut Komisi Kesehatan Nasional (NHC) China, kapasitas produksi vaksin Covid-19 tahunan negara itu akan mencapai 610 juta dosis pada akhir tahun ini, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 1 miliar dosis tahun depan. Populasi China diperkirakan sekitar 1,4 miliar.

Meskipun para ahli kesehatan mendesak transparansi ketika negara-negara berlomba mengembangkan vaksin di bawah tekanan politik, hanya sedikit yang terungkap kepada publik tentang metodologi penelitian dan protokol uji coba perusahaan China.

Baca Juga: Pemerintah janji akan menyiapkan vaksin Covid-19 yang aman

South China Morning Post memberitakan, China telah memberikan kandidat vaksin Covid-19 yang diproduksi di dalam negeri kepada kelompok pekerja tertentu, termasuk staf medis dan petugas inspeksi perbatasan, sejak Juli. Tak satu pun dari mereka yang awalnya menerima dosis melaporkan demam dan tidak ada yang mengalami reaksi merugikan yang serius. Menurut NHC, hasil awal sementara menunjukkan bahwa perlindungan itu efektif.




TERBARU

[X]
×