kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Ini daftar terbaru Upper Middle Income Country, Indonesia bareng siapa?


Kamis, 02 Juli 2020 / 10:58 WIB
Ini daftar terbaru Upper Middle Income Country, Indonesia bareng siapa?
ILUSTRASI. Kantor Wordlbank Washington DC. Terhitung sejak tanggal 1 Juli 2020, World Bank resmi menaikkan status Indonesia dari Lower Middle Income Country menjadi Upper Middle Income Country.

Sumber: World Bank | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terhitung sejak tanggal 1 Juli 2020, World Bank resmi menaikkan status Indonesia dari Lower Middle Income Country menjadi Upper Middle Income Country.

Naiknya status ini merupakan hasil dari kenaikan Gross National Income (GNI) per kapita Indonesia di tahun 2019 menjadi US$ 4.050 dari tahun sebelumnya yang cuma ada di angka US$ 3.840.

World Bank sendiri mengklasifikasi negara ke dalam 4 kategori, yaitu Lower Income (US$ 1.035), Lower Middle Income (US$ 1.036 - US$ 4,045), Upper Middle Income (US$ 4.046 - US$ 12.535) dan High Income (>US$ 12.535).

Bisa masuk ke dalam kategori ini jelas memberikan keuntungan bagi Indonesia. Sekarang Indonesia bisa menggunakan fasilitas dan produk World Bank dengan lebih banyak.

Baca Juga: Inilah keuntungan Indonesia sebagai upper middle income country

Selain Indonesia, saat ini ada 55 negara lain yang juga masuk ke dalam kategori ini. Negara-negara besar seperti Brasil, Argentina, Meksiko, bahkan China dan Rusia juga ada dalam daftar.

Untuk wilayah Asia Tenggara, Indonesia akan ada di level yang sama dengan Malaysia dan Thailand yang sudah lebih dulu bergabung dalam kategori ini.

Berikut ini daftar lengkap negara di dunia yang masuk ke dalam kategori Upper Middle Income Country sesuai dengan data resmi dari World Bank.

Albania Botswana Ekuador Indonesia Libya Paraguay Suriname
American Samoa Brasil Equatorial Guinea Iran Malaysia Peru Thailand
Argentina Bulgaria Fiji Irak Maladewa Rusia Tonga
Armenia China Gabon Jamaika Kepulauan Marshall Samoa Turki
Azerbaijan Colombia Georgia Yordania Meksiko Serbia Turkmenistan
Belarusia Costa Rica Grenada Kazakhstan Montenegro Afrika Selatan Tuvalu
Belize Dominika Guatemala Kosovo Namibia St. Lucia Venezuela
Bosnia & Herzegovina Republik Dominika Guyana Lebanon Macedonia Utara St. Vincent & The Grandines Yordania

Masuknya Indonesia ke dalam kategori ini juga merupaan tahapan penting dalam strategi menuju Indonesia Maju Tahun 2045 yang dicanangkan pemerintah. Setelah ini Indonesia juga menargetkan untuk masuk ke dalam lima besar negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia,



TERBARU

[X]
×