Ini kisah Kolonel Sanders, penemu bumbu rahasia KFC yang jatuh bangun sebelum sukses

Minggu, 13 Desember 2020 | 12:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini kisah Kolonel Sanders, penemu bumbu rahasia KFC yang jatuh bangun sebelum sukses


KONTAN.CO.ID - Kenikmatan ayam goreng dari Kentucky Fried Chicken (KFC) sudah mendunia. Selain kelezatannya, kisah Kolonel Sanders, penemu bumbu rahasia KFC juga sangat digemari.

Di balik kesuksesan KFC, ada kisah inspiratif sang pendirinya, Kolonel Sanders. Dikutip dari Biography, Kolonel Sanders lahir di Henryville, Indiana, 9 September 1890. Ia memiliki nama asli Harland David Sanders. 

Kesuksesan Kononel Sanders tidak serta merta datang saat ia masih muda. Di usianya yang keenam tahun, sang ayah meninggal dunia. Karena sang ibu bekerja, Kolonel Sanders kecil yang mengurus saudara-saudaranya. 

Saat berusia 16 tahun, Sanders mendaftar menjadi tentara. Setahun setelahnya, ia bekerja di stasiun sebagai buruh. Karena terlibat perkelahian, Sanders kemudian dipecat. 

Baca Juga: Ini rahasia berhemat ala miliarder dunia agar tetap kaya, patut dicontoh banyak orang

kisah kolonel sanders

Awal mula KFC

Sanders beberapa kali mengalami kegagalan saat bekerja. Bersumber dari Medium, Kolonel Sanders mencoba banyak pekerjaan sepanjang hidupnya. Sanders pernah menjadi agen asuransi hingga menjual ban. 

Meskipun menghadapi kegagalan, Kolonel Sanders tidak pernah menyerah. Pada 1930, dia mulai bekerja di pompa bensin di Kentucky. 

Sanders juga mulai menyajikan berbagai panganan untuk para pengunjung. Kemampuannya dalam memasak memang sudah ada saat Sanders kecil. 

Pada tahun 1939, Kolonel Sanders menemukan resep ayam goreng yang lezat. Ayam bisa lezat menggunakan "11 bumbu rahasia" dan menggorengnya di panci presto.

Kelezatan menu milik Sanders membuat gubernur Kentucky saat itu memberikan gelar Kolonel. Gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan oleh pemerintah. 

Baca Juga: Mau sukses dan terkenal? Karakter ini harus Anda miliki

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru