kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini pulau pribadi para miliuner dunia (1)


Rabu, 29 Agustus 2012 / 11:58 WIB
Ini pulau pribadi para miliuner dunia (1)
ILUSTRASI. Gedung?Menara Bank BTN di Jakarta, Selasa (10/12/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Zaskia Paramitha, CNBC |

NEW YORK. Memiliki pulau pribadi hanya bisa menjadi mimpi sebagian kecil orang. Namun, beberapa orang beruntung dengan kekayaan berlimpah dapat dengan mudah mendapatkannya. Bukan hanya untuk dinikmati secara pribadi, pulau juga bisa dijadikan lahan bisnis sebagai tujuan wisata eksotis yang tentunya akan menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

Miliuner pemilik perusahaan L’Oreal Liliane Bettencourt, misalnya, belum lama ini menghebohkan media setelah menjual pulau pribadinya di Seychelles senilai US$60 juta. Ada juga miliuner pendiri Oracle Larry Ellison yang baru saja membeli pulau terbesar ke-6 di Hawaii senilai US$500 juta. Transaksi itu sempat disebut sebagai transaksi terbesar dalam sejarah.

CNBC menyusun daftar delapan investor dengan skala bisnis raksasa yang memiliki pulau pribadi termahal di dunia. Masuk di antaranya adalah pulau Caribbean yang sangat populer. Jadi, siapakah miliuner yang berada di peringkat teratas dengan pulau pribadi termahal di dunia?

1. Lanai, Hawaii

Pemilik: Larry Ellison

Harga: US$500 – US$600 juta

Larry Ellison membeli 98% dari pulau terbesar ke-6 di Hawaii, Lanai. Pulau ini dinobatkan sebagai pulau termahal di dunia.

Ellison yang juga menyabet gelar orang terkaya ke-3 di Amerika Serikat dan ke-6 di dunia versi majalah Forbes, membeli Lanai dari David Murdock, miliuner pemilik Dole Foods. Pulau seluas 141 mil persegi ini terkenal sebagai penghasil buah nanas dan memiliki 3.000 penduduk.

Para turis yang mengunjungi Lanai dapat menikmati fasilitas mewah, seperti dua Four Seasons Resort, lapangan golf, dan rumah-rumah mewah. Ellison saat ini juga menjadi pemilik dua Four Seasons Resort di Lanai. Sebagai bagian dari perjanjian jual beli, Murdock tetap memiliki hak atas pengelolaan proyek 200 megawatt tenaga angin di kawasan utara Lanai.

Proyek tersebut sempat mendapat protes dari penduduk lokal karena dinilai merusak ekosistem hewan dan situs arkeologi. Mereka berharap Ellison dapat mewujudkan masa depan yang lebih baik untuk Lanai.

2. Necker, British Virgin Islands

Pemilik: Richard Branson

Harga: US$100 juta

Virgin Group Richard Branson membeli pulau Necker di British Virgin Islands senilai 180.000 pound tahun 1978 dan kini, pulau itu diperkirakan bernilai US$100 juta. Miliuner asal Inggris ini mengubah pulau seluas 74 acre menjadi kawasan resor mewah bergaya Bali dengan 60 karyawan pribadi tahun 1984. Resor tersebut dapat mengakomodasi 28 orang dengan kamar pribadi dengan harga U$35.000.

Untuk menyewa keseluruhan pulau, dibutuhkan biaya sekitar US$50.000 per malam. Necker juga menjadi habitat 20 ekor flaminggo dan kawasan wisata bahari Necker Nymph. Beberapa selebriti ternama dunia, seperti Branson dan Joan, dan pendiri Google Larry Page dan Lucy Southworth, pernah menggelar pesta pernikahan di pulau ini. Bulan Agustus tahun lalu, Neckers sempat menghiasi halaman depan media massa ketika aktris Kate Winslet dan keluarga Branson berhasil selamat dari kebakaran besar akibat badai tropis.

3. St. Philips, California Selatan

Pemilik: Ted Turner

Harga: US$2 juta

Raksasa media Ted Turner, yang sekaligus merupakan salah satu pemilik tanah pribadi terluas di Amerika Serikat, membeli St. Philips tahun 1979, setahun sebelum ia mendirikan kantor berita CNN. Pulau seluas 5,512 acre terdiri dari rawa dan hutan, sangat tepat dijadikan sebagai lokasi wisata alam. Turner membeli pulau ini sepaket dengan area seluas 298 acre di pulau tetangga, St. Helena tempat tinggal orang-orang keturunan Gullah.

4. Brecqhou, Inggris

Pemilik: David dan Frederick Barclay

Harga: US$4,3 juta

Si kembar David dan Frederick Barclay membeli pulau di English Channel Islands ini tahun 1993 dengan harga US$4,3 juta. Kedua bersaudara yang merupakan miliuner asal Inggris mengisi pulau seluas 80 acre ini dengan taman-taman, kebun anggur, pub, dan desa yang dilengkapi dengan kapel. Terdapat 1.900 pohon dan bunga-bunga yang turut menghiasi pulau habitat 2.000 spesies binatang ini.

David dan Frederick juga membuat vila bergaya kerajaan yang dilengkapi dengan helipad. Brecqhou berada 80 mil di selatan Inggris dan dapat dijadikan lokasi yang tepat untuk menikmati privasi.


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×