kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,21   -2,22   -0.24%
  • EMAS935.000 1,08%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Ini senjata baru India untuk menghadapi kapal selam China yang semakin banyak


Kamis, 08 Oktober 2020 / 06:21 WIB
Ini senjata baru India untuk menghadapi kapal selam China yang semakin banyak
ILUSTRASI. Militer India punya senjata baru Sumber foto : sohanews.sohacdn.com

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - New Delhi. Kekuatan militer India semakin kuat. Terbaru, India sukses uji coba rudal jarak jauh penghancur kapal selam. Senjata baru ini diperkirakan untuk mencegah serangan kapal selam musuh terutama dari China yang semakin banyak.

Rudah jarak jauh India tersebut bernama sistem SMART (Supersonic Missile Assisted Release of Torpedo). Rudal ini dipersenjatai dengan torpedo yang secara teori dapat menyerang kapal selam musuh lebih dari 643 kilometer jauhnya.

Uji coba rudal anti-kapal selam itu diluncurkan dari Pulau Wheeler di lepas pantai negara bagian Odisha India pada Senin, kata Kementerian Pertahanan negara itu dalam sebuah pernyataan. "Peluncuran dan demonstrasi ini penting dalam membangun kemampuan perang anti-kapal selam," kata kementerian tersebut pada Senin (5/10/2020), seperti yang dilansir dari CNN pada Rabu (7/10/2020).

Dijelaskan juga bahwa semua tujuan misi, yang meliputi penerbangan rudal hingga jarak dan ketinggian tertentu, pemisahan kerucut hidung, pelepasan torpedo, dan penerapan Velocity Reduction Mechanism (VRM) telah terpenuhi dengan sempurna.

Baca juga: Lelang mobil sitaan pajak di Jakarta, sedan Mercy 1990 hanya Rp 20 juta

Penggunaan rudal supersonik disebut memperluas jangkauan torpedo, jauh melampaui parameter normalnya, kata kementerian itu. "Ini akan menjadi terobosan teknologi besar untuk meningkatkan kemampuan dalam perang anti-kapal selam," kata Menteri Pertahanan India Rajnath Singh dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Menurut laporan industri pertahanan India, Rudal itu membawa torpedo bertenaga baterai dengan hulu ledak 50 kilogram dan jangkauan sekitar 20 kilometer. Penggunaan rudal itu untuk mendekati target dengan kemampuan jangkauannya yang lebih luas, hingga lebih dari 643 kilometer dengan 3 kali kecepatan suara, kata laporan itu.

Negara lain, termasuk Rusia, Amerika Serikat dan Jepang, disebutkan memiliki rudal atau roket yang dapat membawa torpedo ringan, tetapi tidak ada yang mendekati jangkauan senjata India ini.




TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×