kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini sesumbar Presiden Donald Trump setelah terkena corona


Selasa, 06 Oktober 2020 / 13:22 WIB
Ini sesumbar Presiden Donald Trump setelah terkena corona
ILUSTRASI. Ini sesumbar Presiden Donald Trump setelah terkena corona. REUTERS/Tom Brenner


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Washington DC. Sempat terinfeksi virus corona, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kini dinyatakan sembuh. Meski nyawanya sempat terancam corona, tapi Donald Trump tetap jumawa.

Sebelum keluar dari Rumah Sakit Militer Walter Reed pada Senin (5/10/2020) waktu setempat, Presiden Donald Trumo menyampaikan agar jangan takut dengan Covid-19. Twit Donald Trump itu diunggah beberapa jam setelah juru bicara utamanya positif virus corona, yang menambah panjang daftar klaster Gedung Putih. "Saya akan meninggalkan Pusat Medis Walter Reed yang hebat hari ini pukul 19.30. Merasa sangat baik!" kicau Trump.

"Jangan takut Covid. Jangan biarkan itu mendominasi hidupmu. Kami telah mengembangkan, di bawah Pemerintahan Trump, beberapa obat & ilmu yang sangat hebat. Saya merasa lebih baik daripada yang saya lakukan 20 tahun lalu!"

Politisi Partai Republik berusia 74 tahun itu menghadapi jalan terjal dalam Pilpres 2020 melawan Joe Biden. Ia pun melakukan segalanya untuk menghimpun kembali kekuatan dan kepercayaan sejak dirawat di rumah sakit pada Jumat (2/10/2020).

Baca juga: Murah sekali, lelang mobil dinas Kementan di Jakarta ini mulai Rp 13 juta

Namun, sebagaimana diwartakan AFP, simpang siurnya informasi dari Gedung Putih yang bertentangan dari para pejabat dan staf di lingkaran politik Trump sendiri telah merusak kredibilitasnya. Dalam briefing dari rumah sakit, dokter kepresidenan Sean Conley mengatakan, Trump dalam kondisi yang baik, mematuhi pengobatan yang didapatnya. "Dia kembali, ya," kata Conley dikutip dari AFP.

Namun, Conley mengatakan, Trump tidak akan "sepenuhnya keluar dari hutan" selama seminggu ke depan, dan dia mengakui bahwa campuran obat-obatan yang diberikan ke Trump berarti "kami di wilayah yang belum dipetakan".

Begitu kembali ke Gedung Putih, tidak jelas seberapa bebas Trump bisa bergerak. Di sana Trump dipantau tim medis dalam jumlah besar untuk berjaga-jaga jika presiden kambuh.

Dokter mengatakan, Trump diberi steroid dexamethasone yang biasanya terkait dengan kasus Covid-19 parah dan dua obat terapeutik eksperimental. Tanda-tanda lain yang menunjukkan Trump berjibaku melawan Covid-19 adalah dia diberi oksigen ekstra pada Jumat, meski awalnya kabar itu ditampik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keluar dari RS dan Pulang ke Gedung Putih, Trump Tantang Covid-19",
Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Selanjutnya: 5 Langkah yang harus dilakukan jika orang terdekat kena virus corona




TERBARU

[X]
×