CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Inilah buku bisnis terbaik versi Warren Buffett dan Bill Gates


Senin, 09 September 2019 / 08:00 WIB

Inilah buku bisnis terbaik versi Warren Buffett dan Bill Gates
ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketika Warren Buffett bertemu Bill Gates salah satu topik perbincangan mereka adalah mengenai buku. Itulah perbincangan mereka saat pertama kali bertemu pada 1991. Gates meminta Buffett untuk merekomendasikan buku bisnis favoritnya.

"Ini  Business Adventures yang ditulis John Brooks," jawab Buffett. "Aku akan mengirimimu satu copy."

Perihal buku tersebut Gates bilang:

“Saya tertarik: Saya belum pernah mendengar tentang Business Adventures atau John Brooks. Hari ini, lebih dari dua dekade setelah Warren meminjamkannya kepada saya,  dan lebih dari empat dekade setelah pertama kali diterbitkan, Business Adventures tetap menjadi buku bisnis terbaik yang pernah saya baca. John Brooks masih menjadi penulis bisnis favorit saya. Dan Warren, jika dia membaca ini, saya masih memiliki copy  buku dari Anda.”

Business Adventures: 12 Classic Tales From the World of Wall Street adalah kumpulan cerita New Yorker yang pertama kali diterbitkan pada 1960-an. Tapi itu tidak membuatnya kurang berguna hari ini.  

Baca Juga: 7 orang menjadi miliarder berkat Warren Buffett. Siapa saja mereka?

Memang benar, menurut Gates,  banyak detail  bisnis telah berubah. Tapi fundamentalnya belum. Wawasan Brooks yang lebih dalam tentang bisnis sama relevannya saat ini seperti saat itu. Dalam hal umur panjangnya, Business Adventures berdiri di samping The Intelligent Investor karya Benjamin Graham, buku terbitan tahun 1949 yang dikatakan Warren sebagai buku terbaik tentang investasi yang pernah dia baca.

Salah satu cerita  dalam buku itu mengungkapkan kasus penetapan harga di GE yang menunjukkan dampak miskomunikasi,  khususnya miskomunikasi yang disengaja. Lainnya mengeksplorasi kegagalan Edsel, mobil andalan Ford yang desainnya secara teoretis  gagal  berdasarkan  jajak pendapat konsumen yang luas.

Juga ada  cerita tentang Xerox, yang pada awal 1970-an mendanai penelitian besar yang mengarah ke jaringan Ethernet dan pengguna grafis antarmuka pertama. Sayangnya,  inovasi itu  dibawa ke pasar oleh perusahaan lain,  termasuk Microsoft.

                                Gates mengomentari cerita itu sebagai berikut:............


Reporter: Tri Adi
Editor: Tri Adi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1839

Close [X]
×