kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah partner dagang terbesar Amerika


Senin, 19 Desember 2016 / 16:05 WIB
Inilah partner dagang terbesar Amerika


Sumber: money.cnn | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

WASHINGTON. Nasib perekonomian ekonomi Amerika Serikat di masa yang akan datang masih dipenuhi teka teki. Pasalnya, Presiden AS terpilih Donald Trump mengancam akan mengakhiri hubungan dagang AS dengan sejumlah negara, khususnya dengan China, Meksiko, dan Kanada.

Pertaruhan ancaman itu besar sekali. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh CNNMoney menunjukkan data: nilai perdagangan AS dengan ketiga negara mencapai US$ 1,9 triliun per tahunnya.

Seperti yang diketahui, Trump berjanji akan melakukan negosiasi ulang atau menarik keanggotaan AS dari NAFTA. Ini merupakan perjanjian perdagangan bebas antara AS, Kanada, dan Meksiko.

Dia juga mengancam untuk menaikkan 45% tarif impor barang-barang China. Tak hanya itu, pada awal bulan ini Trump mengatakan akan merilis pajak yang tinggi terhadap perusahaan-perusahaan AS yang memindahkan lapangan kerja ke Meksiko.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah Trump akan menjalankan janji politiknya. Namun, banyak pihak yang memprediksi, kebijakan tersebut akan berdampak besar pada perdagangan di seluruh dunia.

Berikut statistik perdagangan yang menunjukkan fakta tentang ekonomi AS yang dihimpun dari 2015. Data ini diambil dariĀ  Census Bureau and Bureau of Economic Analysis:

- China merupakan partner dagang terbesar Amerika, dengan nilai perdagangan barang dan jasa mencapai US$ 663 miliar. Total nilai ekspor China ke AS hampir mencapai US$ 500 miliar di 2015, tertinggi dari ekspor ke negara lain.

- Nilai perdagangan AS dengan Kanada adalah US$ 662 miliar, hanya berbeda tipis dengan China. Kanada merupakan market ekspor terbesar AS, dengan menyumbang sekitar 15% ekspor barang dan jasa AS senilai US$ 337 miliar per tahunnya.

- Meksiko merupakan partner dagang ketiga terbesar Amerika senilai US$ 586 miliar.

- Jepang, Jerman, Inggris, dan Korea Selatan menduduki peringkat selanjutnya. Nilai total perdagangan keempat negara dengan AS mencapai US$ 884 miliar per tahun, melampaui China.

Memang, banyak negara mengandalkan Amerika untuk membeli produk mereka. Sebagai contoh, berdasarkan data dari World Trade Organization, lebih dari 60% perdagangan Kanada dilakukan dengan AS. Dan lebih dari 80% perdagangan Meksiko dilakukan dengan AS.

AS juga menjadi destinasi utama ekpsor barang dan jasa Inggris juga Jerman.




TERBARU

[X]
×