CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Interpol Terbitkan Yellow Notice Bantu Cari Anak Ridwan Kamil


Kamis, 02 Juni 2022 / 15:16 WIB
Interpol Terbitkan Yellow Notice Bantu Cari Anak Ridwan Kamil
ILUSTRASI. Interpol Terbitkan Yellow Notice Bantu Cari Anak Ridwan Kamil


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Swiss belum ditemukan hingga hari ini, 2 Juni 2022. Organisasi Polisi Kriminalitas Internasional atau Interpol telah menerbitkan Peringatan Kuning atau Yellow Notice dalam upaya pencarian Eril, anak sulung Ridwan Kamil.

Mengutip Kompas.com, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan dengan penerbitan Yellow Notice, seluruh negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi kehilangan Eril, anak pertama Ridwan Kamil. "Dari Interpol pusat (Lyon, Perancis) yang ditujukan kepada seluruh anggota Interpol dunia," kata Dedi.

Menurutnya, penerbitan Yellow Notice yang diajukan National Central Bureau (NCB) Interpol Polri tersebut merupakan langkah proaktif untuk membantu pencarian anak pertama Ridwal Kamil yang hilang di Sungai Aare. "Polri bekerja sama dengan Interpol, Kepolisian Swiss, dan KBRI setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan," tambahnya.

Yellow Notice atau Pemberitahuan Kuning adalah pengumuman Interpol untuk membantu menemukan orang hilang, yang sering kali anak di bawah umur. Bisa juga untuk membantu mengidentifikasi orang yang tidak dapat menentukan identifikasi diri mereka sendiri.

Baca Juga: Sungai Aare, Lokasi Anak Ridwan Kamil Hilang Sering untuk Renang dan Arum Jeram

Dokumen Yellow Notice berisi data identitas diri Eril beserta orang tuanya, termasuk tempat dan tanggal lahir, ciri-ciri fisik seperti warna kulit, warna mata, rambut, tinggi dan berat badan, serta foto wajah.

Ada pula informasi warna baju yang dikenakan Eril saat kejadian, yakni baju kaos warna biru dan celana hitam. Interpol menerbitkan Yellow Notice Emmeril Kahn Mumtadz pada 1 Juni 2022, dengan status sebagai orang hilang.

Kronologi anak pertama Ridwan Kamil hilang

Eril, anak pertama Ridwan Kamil hilang saat tengah berenang di Sungai Aaree, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022). Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil, menjelaskan kronologinya anak Ridwan Kamil hilang saat berenang di Sungai Aaree, Bern, bersama adik dan kawannya.

Saat ingin naik ke permukaan, anak pertama Ridwan Kamil terseret arus sungai yang cukup deras dan sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. "Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," ucap Elpi dalam keterangan resminya, Jumat (27/5/2022).

Keluarga Ridwan Kamil sedang berada di luar negeri. Saat kejadian, Ridwan Kamil tengah melakukan perjalanan dinas di Inggris bersama delegasi Pemprov Jabar.

Sementara istri dan kedua anaknya berada di Swiss untuk mencari sekolah jenjang S2 bagi Eril. "Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril," ucap dia.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat walafiat," tambahnya.

Sumber: Kompas.com, (Penulis : Dendi Ramdhani, Tito Hilmawan Reditya)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×