kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor Asing Kembali Incar Klub Eropa, Giliran Manchester United Jadi Rebutan


Minggu, 19 Februari 2023 / 13:33 WIB
Investor Asing Kembali Incar Klub Eropa, Giliran Manchester United Jadi Rebutan
ILUSTRASI. Manchester United yang sedang ramai diperebutkan oleh investor REUTERS/Phil Noble


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MANCHESTER. Tak hanya digemari oleh pecinta sepakbola di dunia, klub-klub sepakbola ternama juga telah menarik minat investor dari luar kawasan benua tersebut. Investor asal Amerika Serikat dan Timur Tengah menjadi yang paling aktif berinvestasi di klub-klub tersebt.

Yang terbaru, ada Manchester United yang sedang ramai diperebutkan oleh investor dari dua kawasan tersebut. Perebutan tersebut terjadi ketika klub mencatat penampilan yang masih inkonsisten.

Seorang anggota keluarga kerajaan Qatar dan orang terkaya Inggris sedang mengajukan penawaran untuk mengakuisisi Manchester United, sementara Elliott Investment Management LP yang berasal dari AS siap memberikan pembiayaan.

Baca Juga: Pemilik PSG Ajukan Penawaran Beli Manchester United

Anggota keluarga kerajaan Qatar tersebut adalah Jassim bin Hamad bin Jaber Al Thani, Ketua Bank Islam Qatar dan putra mantan perdana menteri negara itu dengan tawaran pembukaan menghargai Manchester United sekitar £5 miliar atau setara US$ 6 miliar.

"Tawaran itu berencana untuk mengembalikan klub ke kejayaannya baik di dalam maupun di luar lapangan, dan akan berusaha untuk menempatkan para penggemar di jantung Klub Sepak Bola Manchester United sekali lagi," tulis Sheikh Jassim dikutip dari Bloomberg, Minggu (19/2).

Tawaran bebas utang dari grup Qatar termasuk investasi dalam tim, pusat pelatihan dan stadion, dan akan dilakukan melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim. Jumlah tawaran itu tidak diungkapkan dalam pernyataan itu.

Kesepakatan untuk klub milik keluarga Glazer ini dapat mewakili pengambilalihan klub olahraga profesional terbesar dalam sejarah, berpotensi melampaui $4,65 miliar yang dibayarkan tahun lalu oleh grup yang dipimpin oleh pewaris Walmart Inc. Rob Walton untuk tim Denver Broncos NFL.

Miliarder Inggris Jim Ratcliffe, seorang penggemar Manchester United yang sudah menyiapkan pembiayaan dari bank termasuk Goldman Sachs Group Inc., dan perusahaannya Ineos Group juga mengatakan mereka telah mengajukan tawaran untuk kepemilikan mayoritas klub. 

“Kami akan melihat peran kami sebagai penjaga jangka panjang Manchester United atas nama fans dan masyarakat luas,” ujarnya.

Bank New York Raine Group menasihati keluarga Glazer tentang penjualan klub tersebut, yang sahamnya terdaftar di New York telah berlipat ganda sejak November karena spekulasi pembelian telah berkembang, memberi perusahaan nilai pasar sekitar US$ 4,3 miliar.

Didukung oleh Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun lalu, Qatar Sports Investments (QSI) juga telah mempertimbangkan bermain untuk Tottenham Hotspur dan Liverpool FC, serta Manchester United. QSI sudah memiliki Paris Saint-Germain, tim klub untuk Lionel Messi dan Kylian Mbappe, dua bintang terbesar di pertandingan Qatar.

Baca Juga: Putra Mantan PM Qatar Ajukan Penawaran Beli Manchester United

Jika berhasil, grup Sheikh Jassim mungkin harus meyakinkan UEFA bahwa cukup independen dari QSI yang sudah memiliki PSG dan Manchester United bermain di kompetisi Eropa yang sama.

Klub-klub Eropa saat ini memang semakin menarik minat investor luar negeri dan beberapa diataranya pun sudah masuk. Itu termasuk akuisisi Chelsea Football Club senilai £2,5 miliar oleh grup AS yang dipimpin oleh Clearlake Capital dan Todd Boehly. 

AC Milan, Atletico Madrid, Crystal Palace, dan Genoa CFC adalah beberapa klub dengan pemilik ekuitas swasta, termasuk dari AS.




TERBARU

[X]
×