kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor menuntut ECB segera bertindak


Senin, 02 Juli 2012 / 07:28 WIB
Investor menuntut ECB segera bertindak
ILUSTRASI. Pekerja mempersiapkan ruangan studio yang sudah dibuka, di CGV Grand Indonesia di Jakarta, Rabu (21/10/2020). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati, Reuters, Bloomberg |

NAVACERRADA. Produk domestik bruto (PDB) Spanyol anjlok lebih cepat dibandingkan perkiraan di kuartal kedua lalu. Menteri Keuangan Spanyol, Luis de Guindos, mengatakan PDB akan kembali stabil di kuartal ketiga.

PDB Spanyol turun 0,3% pada kuartal pertama dibanding akhir tahun. Spanyol memperkirakan, PDB turun 1,7% tahun ini.

Spanyol memiliki defisit anggaran hingga 8,9% PDB di tahun 2011. Spanyol akan menurunkan defisit menjadi 5,3% tahun ini dan 3% tahun depan. Bulan lalu, Spanyol meminta dana rekapitalisasi perbankan ke Uni Eropa hingga € 100 miliar.

Dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) Uni Eropa ke-19 sejak krisis utang Zona Euro, para pemimpin Eropa menyetujui suntikan langsung ke perbankan Spanyol tanpa melewati pemerintah. "Saya senang dengan hasil KTT. Ini menunjukkan komitmen jangka panjang terhadap euro oleh seluruh negara anggota Zona Euro," kata Presiden European Central Bank (ECB), Mario Draghi.

Kini, investor menuntut langkah ECB selanjutnya. ECB sebelumnya pernah bertindak lewat pembelian obligasi di pasar dan menyediakan dana murah bertenor tiga tahun ke perbankan.

Kebanyakan ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan, ECB akan memangkas bunga kredit pada pertemuan 5 Juli pekan ini. Kemungkinan bank sentral akan memangkas suku bunga 25 basis poin (bps) ke rekor terendah 0,75%.

Namun, penolakan internal di bank sentral untuk program pembelian obligasi negara masih tinggi. Holger Schmieding, Kepala Ekonom Berenberg Bank, mengatakan bila hasil KTT mendorong ECB melangkah dengan dukungan serius di pasar obligasi, hasilnya akan sukses. "Bila ECB malah keberatan, krisis bisa jadi semakin parah sepanjang musim panas hingga akhirnya ECB melunak," kata Schieding.

Setelah pembicaraan hampir 14 jam, para pemimpin 17 negara menyepakati beberapa langkah jangka pendek untuk mendorong penyatuan moneter dan menurunkan biaya dana Spanyol dan Italia. Dalam pernyataan bersama, para pemimpin mengatakan dana temporer European Financial Stability Facility dan dana permanan European Stability Mechanism akan dipakai secara fleksibel dan efisien untuk menstabilkan pasar.

Namun, kesepakatan ini belum sampai detail pelaksanaan. Beberapa pejabat Zona Euro mengatakan, kedua dana talangan ini bisa membeli obligasi baik di pasar primer maupun pasar sekunder, berdasarkan nota kesepahaman yang akan ditandatangani negara yang bersangkutan dan sesuai besaran dana yang disepakati. n




TERBARU

[X]
×