kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor Soroti Perlambatan Penjualan, Raksasa Teknologi AS Pangkas Jumlah Karyawan


Kamis, 19 Januari 2023 / 14:28 WIB
Investor Soroti Perlambatan Penjualan, Raksasa Teknologi AS Pangkas Jumlah Karyawan
ILUSTRASI. Perusahaan teknologi besar Amerika Serikat (AS) gencar mengurangi tenaga kerja sejak awal tahun. REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perusahaan teknologi besar Amerika Serikat (AS) gencar mengurangi tenaga kerja sejak awal tahun. Ini sebagai upaya menopang margin dan menenangkan kekhawatiran investor pada saat pertumbuhan penjualan melambat. 

Para analis menilai beban pengeluaran perusahaan teknologi besar akan membengkak selama beberapa bulan ke depan. Analis telah memangkas total proyeksi pendapatan mereka untuk lima perusahaan - Meta, Amazon, Apple Inc, Alphabet Inc dan Microsoft Corp sebesar 5% menjadi $561,4 miliar per Januari dari Oktober. 

Perusahaan teknologi besar diproyeksi masih akan menjadi salah satu hambatan terbesar ke sebelas sektor S&P 500. Data FactSet mengkalkulasikan sektor teknologi informasi diproyeksikan melaporkan penurunan pendapatan sebesar 9,5%, mengutip Reuters pada Kamis (19/1). 

Baca Juga: PHK Massal Menerpa Microsoft Corp. 10.000 Karyawan Segera Dipecat

Tertarik untuk menopang margin dan menenangkan kekhawatiran investor pada saat pertumbuhan penjualan yang melambat, perusahaan teknologi besar AS diperkirakan akan mengurangi tenaga kerja dan biaya mereka yang membengkak selama beberapa bulan ke depan, membalikkan ekses era pandemi, kata para analis. 

Namun, masing-masing dari lima perusahaan teknologi terbesar Amerika diperkirakan melaporkan penurunan laba untuk periode Oktober-Desember, saat mereka mencoba mengkalibrasi ulang di lingkungan dengan minat tinggi. 
Pemilik Facebook Meta Platforms Inc dan Amazon.com Inc diperkirakan melaporkan penurunan terbesar. 

"Saya tidak akan mengharapkan kabar baik untuk sementara waktu bagi perusahaan besar ini. Setidaknya untuk tiga kuartal berikutnya. Saya melihat masih akan lebih banyak PHK," kata Siddharth Singhai, kepala investasi di perusahaan investasi Ironhold Capital. 

Amazon, yang diperkirakan akan melaporkan merosotnya pendapatan hingga 38% dan pendapatan tumbuh paling lambat dalam lebih dari 22 tahun terakhir. Manajemen mulai berkomunikasi dengan staf pada hari Rabu apakah mereka diberhentikan sebagai bagian dari keputusannya untuk memangkas 18.000 pekerjaan. 

Pengurangan tenaga kerja terjadi setelah perusahaan ritel ini melakukan perekrutan berdasarkan permintaan pandemi. Mengikuti perekrutan agresif Meta untuk memenuhi lonjakan penggunaan media sosial oleh konsumen yang terjebak di rumah. 

Meta, telah lebih dahulu memutuskan  memangkas 11.000 pekerjaan pada November 2022 lalu. Meski langkah pahit ini ditembus, penurunan laba Meta diprediksi sebesar 42%. Ini akan menjadi penurunan lima kuartal berturut-turut. 

Baca Juga: Rumahkan 3.000 Karyawan, Goldman Sachs Bakal Melakukan PHK Terbesar Sejak 2008

Perusahaan juga kemungkinan akan mengalami penurunan pendapatan sebesar 7%. Kelima perusahaan tersebut rata-rata meningkatkan basis karyawan mereka sebesar 45% pada tahun 2020 dan 20,5% pada tahun 2021.

"Kami memperkirakan pemotongan 5% hingga 10% di sektor teknologi karena banyak dari perusahaan ini menghabiskan uang seperti bintang rock tahun 1980-an," kata analis Wedbush Dan Ives. 

Microsoft mengatakan pada hari Rabu akan menghilangkan 10.000 peran, yang memengaruhi kurang dari 5% karyawannya. Analis memperkirakan perusahaan melaporkan kenaikan pendapatan 2,4%, laju paling lambat dalam sekitar 24 kuartal. Laba diprediksi turun sebesar 9%.




TERBARU

[X]
×