kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPO Beijing Automotive sebesar CNY 20 miliar


Kamis, 10 April 2014 / 09:14 WIB
IPO Beijing Automotive sebesar CNY 20 miliar
ILUSTRASI. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam konferensi pers KTT G20 di Media Center, BICC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra


Sumber: Bloomberg | Editor: Dessy Rosalina

SHANGHAI. Di tengah pemulihan ekonomi Eropa, otomotif China terus bergeliat. Kesempatan emas ini dimanfaatkan Beijing Automotive Group Co untuk menggelar penawaran saham perdana (IPO) sebesar CNY 20 miliar atau setara US$ 3,23 miliar.
Rencananya, Beijing Automotive bakal menghelat IPO pada semester II tahun ini. "IPO dilakukan di bursa saham Hong Kong senilai CNY 20 miliar dari target sebelumnya CNY 10 miliar," ujar Xu Heyi, Chairman Beijing Automotive Group, Rabu (9/4).

Dana IPO akan digunakan Beijing Automotive untuk ekspansi. Produsen otomotif milik pemerintah China ini berencana memproduksi mobil untuk pasar global di tahun 2025 mendatang. Demi mencapai ambisi itu, Beijing Automotive telah merekrut Leonardo Fioravanti, desainer mobil Ferari.

Tahun ini, Beijing Automotive membidik penjualan sebanyak 3,6 juta unit mobil. Beijing Automotive telah menunjuk Goldman Sachs Group Inc dan Morgan Stanley sebagai penjamin emisi IPO di Januari lalu. Beijing Automotive meraih berkah atas pertumbuhan pesat pasar otomotif Negeri Tirai Bambu.

Saat ini, Beijing Automotive merupakan mitra strategis Daimler AG dan Hyundai Motor Co. Produsen otomotif global merangsek pasar China lewat produsen lokal untuk menghemat biaya produksi dan pajak. Bulan lalu, Daimler memutuskan mengucurkan investasi seebsar US$ 1,38 miliar kepada Beijing Automotive. Investasi jumbo itu untuk menaikkan produksi Mercedes-Benz sebanyak dua kali lipat di China.

Tumbuh pesat

Rencana lain Daimler adalah memproduksi tujuh dari 10 jenis Mercedes-Benz di pabrik lokal China pada 2015. Jumlah pabrikan lokal ini meningkat dari posisi sekarang yakni lima jenis mobil. Hitungan Deutsche Bank, penjualan otomotif global tahun ini bertumpu pada pasar China. Penjualan mobil di China bakal melompat 10% menjadi 23,8 juta unit.

Di sisi lain, konsultan riset IHS Automotive meramal, pasar otomotif Amerika Serikat (AS) hanya mampu tumbuh 2,4% menjadi 16,03 juta unit di tahun ini. Ini adalah level penjualan normal dibandingkan tahun 2008 silam.Di Maret 2014, penjualan mobil penumpang di China tumbuh 9%. Hampir seluruh produsen membukukan pertumbuhan penjualan, semisal General Motors Co (GM), Toyota Motor Corp.

Di tahun 2013, China menjadi negara pertama yang mencatat penjualan kendaraan lebih dari 20 juta unit dalam setahun. Total penjualan kendaraan di China naik 14% menjadi 21,98 juta unit tahun lalu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×