kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ismail Sabri menjabat sebagai PM Malaysia, di tengah meningkatnya krisis kesehatan


Minggu, 22 Agustus 2021 / 06:16 WIB
Ismail Sabri menjabat sebagai PM Malaysia, di tengah meningkatnya krisis kesehatan
ILUSTRASI. Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob . REUTERS/Lim Huey Teng


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Malaysia melantik perdana menteri baru, Ismail Sabri Yaakob, pada Sabtu (21/8), ketika negara itu memerangi gelombang terburuk Covid-19 dan kemarahan publik atas salah urus pandemi.

Mengutip Reuters, penunjukan Ismail Sabri, 61 tahun, mengembalikan epran ke partai yang dinodai oleh tuduhan korupsi, setelah ia mendapatkan mayoritas suara parlemen dari aliansi yang sama yang runtuh pekan ini dan menggantikan Muhyiddin Yassin.

Ismail Sabri, mantan wakil Muhyiddin, dilantik di istana nasional setelah dipilih oleh Raja Al-Sultan Abdullah, raja konstitusional.

Dia mengambil sumpah jabatan di depan raja dan pemimpin koalisi lainnya, termasuk mantan perdana menteri Najib Razak.

Raja Al-Sultan Abdullah sebelumnya mengatakan perdana menteri baru harus menghadapi mosi tidak percaya di parlemen untuk membuktikan mayoritasnya.

Baca Juga: Rekor tertinggi harian baru, Malaysia catat 23.564 kasus COVID-19

Ismail Sabri memulai pekerjaannya pada saat infeksi dan kematian Malaysia relatif terhadap peringkat populasi sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara.

Sebuah petisi online yang dimulai minggu ini menarik 350.000 penandatangan yang menentang penunjukan Ismail Sabri, dengan alasan penanganannya terhadap pandemi.

23.564 kasus pada hari Jumat adalah rekor untuk hari ketiga berturut-turut, dengan jumlah melebihi 1,5 juta.

Kemarahan publik telah meningkat ketika infeksi menyebar meskipun beberapa penguncian diperpanjang dan meningkatkan vaksinasi. Sejak bulan lalu, warga Malaysia yang membutuhkan bantuan telah mengibarkan bendera putih di rumah mereka untuk mencari bantuan publik.

Meskipun Malaysia lolos dari pandemi terburuk tahun lalu, pemilihan regional menyebabkan lonjakan infeksi yang stabil sejak kuartal keempat tahun 2020, dengan varian Delta memperburuk situasi dalam beberapa bulan terakhir.

Kegagalan dalam tindakan penguncian, kegagalan untuk bertindak terhadap politisi yang melanggar aturan, dan berbulan-bulan berpolitik telah memperburuk publik.

Baca Juga: Ismail Sabri jadi Perdana Menteri Malaysia, UMNO kembali pegang kekuasaan

Pandemi juga telah mengurangi pertumbuhan ekonomi, dengan bank sentral memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi 2021 dua kali tahun ini.

Dengan Ismail Sabri menjabat menandai kembalinya Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), yang memerintah selama lebih dari enam dekade sejak kemerdekaan, tetapi dikalahkan dalam pemilihan 2018 atas skandal di dana negara 1MDB.

Dia menjadi perdana menteri ketiga Malaysia sejak pemilihan 2018, setelah UMNO menarik dukungannya untuk Muhyiddin bulan lalu, dengan alasan kegagalannya mengelola pandemi.

Najib divonis bersalah atas 1MDB tetapi membantah melakukan kesalahan dan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Selanjutnya: Cautious optimism as Philippines, Malaysia ease some coronavirus curbs




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×