Istri Kim Jong Un Kembali Muncul di Publik Setelah Menghilang Selama Lima Bulan

Rabu, 02 Februari 2022 | 13:17 WIB Sumber: Reuters
Istri Kim Jong Un Kembali Muncul di Publik Setelah Menghilang Selama Lima Bulan

ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada 21 Juni, 2019.


KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada hari Rabu (2/2) menghadiri acara sang istri, Ri Sol Ju. Ini merupakan kemunculan pertama Ri di hadapan publik dalam lima bulan.

Kantor berita KCNA melaporkan, Kim dan Ri menghadiri pertunjukan seni di Teater Seni Mansudae di ibukota Pyongyang untuk merayakan liburan Tahun Baru Imlek. Ri terakhir kali muncul di publik pada 9 September 2021 di Istana Matahari Kumsusan dalam peringatan berdirinya negara.

Keluarga terdekat Kim saat ini memang dibatasi aktivitas publiknya menyusul aturan ketat selama pandemi Covid-19 di negara itu.

Dilansir dari Reuters, kantor berita KCNA mengabarkan bahwa kehadiran Ri disambut dengan sorakan gembira dari para warga yang menghadiri pertunjukan di teater.

"Ketika Kim muncul di auditorium teater bersama istrinya, Ri Sol Ju, di tengah pemutaran musik selamat datang, para penonton mengangkat sorakan 'Hore!'. Pasangan itu naik ke panggung setelah pertunjukan untuk berjabat tangan dan berfoto dengan para seniman," tulis KCNA.

Baca Juga: Kim Jong Un Kurus dan Tertatih-tatih Saat Berjalan di Film Dokumenter Terbaru Korut

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, Ri terbilang cukup sering mendampingi Kim dalam berbagai acara sosial, bisnis, dan bahkan militer. Munculnya Kim bersama sang istri juga selalu menjadi pusat perhatian karena sikapnya berbeda dengan sang ayah, Kim Jong Il, yang sangat jarang terlihat di publik bersama salah satu istrinya.

Ri sempat menghilang dari pantauan media selama lebih dari satu tahun sebelum akhirnya muncul kembali pada bulan Februari tahun lalu. Spekulasi yang berkembang menyebutkan Ri memiliki masalah kesehatan hingga diduga sedang mengandung.

Terkait keberadaan Ri, Badan Intelijen Nasional Korea Selatan melaporkan kepada parlemen bahwa ibu negara memang menahan diri untuk berkegiatan di luar untuk mencegah infeksi Covid-19. Ri dikabarkan fokus untuk menjaga anak-anaknya.

Intelijen Korea Selatan percaya bahwa Kim dan Ri saat ini memiliki tiga orang anak yang informasinya sangat tertutup dari publik.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru