kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Italia Menyita Yacht Milik Miliarder Rusia Melnichenko


Minggu, 13 Maret 2022 / 13:37 WIB
Italia Menyita Yacht Milik Miliarder Rusia Melnichenko
Kapal superyacht milik miliarder Rusia Andrey Igorevich Melnichenko yang telah diasingkan oleh polisi Keuangan Italia terlihat di pelabuhan utara Trieste, Italia, Sabtu (12/3/2022).


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BERGAMO. Polisi Italia telah menyita super yacht milik miliarder Rusia Andrey Igorevich Melnichenko, beberapa hari setelah pengusaha itu dimasukkan dalam daftar sanksi Uni Eropa menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Mengutip Reuters (13/3), Sailing Yacht A setinggi 143 meter yang dibanderol dengan harga 530 juta euro atau setara US$ 578 juta itu telah diasingkan di pelabuhan utara Trieste. Kapal tersebut adalah kapal pesiar layar terbesar di dunia yang dirancang oleh Philippe Starck dan dibangun oleh Nobiskrug di Jerman.

Adapun, Melnichenko sendiri merupakan pemilik produsen pupuk utama EuroChem Group dan perusahaan batubara SUEK. Perusahaan mengatakan dalam pernyataan pada hari Kamis bahwa ia telah mengundurkan diri sebagai anggota dewan di kedua perusahaan tersebut.

Baca Juga: Kematian Akibat Covid Dunia Diprediksi Tiga Kali Lebih Tinggi dari Catatan Resmi

"Tidak ada pembenaran apa pun untuk menempatkannya dalam daftar sanksi UE. Kami akan memperdebatkan sanksi yang tidak berdasar dan tidak dapat dibenarkan ini, dan percaya bahwa supremasi hukum dan akal sehat akan menang,” ujar juru bicara Melnichenko, Alex Andreev

Tak hanya milik Melnichenko, polisi Italia juga telah menyita vila dan kapal pesiar sejak pekan lalu senilai lebih dari 700 juta euro atau setara US$ 763,63 juta dari orang-orang terkenal Rusia yang telah dimasukkan dalam daftar sanksi Uni Eropa, 

Operasi polisi adalah bagian dari upaya terkoordinasi oleh negara-negara Barat untuk menghukum orang kaya Rusia yang mereka katakan terkait dengan Presiden Vladimir Putin. "Sejauh ini kami telah mencapai apa yang terlihat, sekarang kami harus mencapai sisanya seperti kepemilikan saham,” ujar Giuseppe Zafarana, kepala polisi pajak Italia.




TERBARU

[X]
×