kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jack Ma mengaku pernah membenci Bill Gates, begini ceritanya


Selasa, 21 Januari 2020 / 10:53 WIB
Jack Ma mengaku pernah membenci Bill Gates, begini ceritanya
ILUSTRASI. Miliarder China Jack Ma.

Sumber: Yahoo Finance | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Sebagai pendiri Microsoft MSFT, Bill Gates adalah sumber inspirasi bagi banyak calon pengusaha, tidak terkecuali beberapa ikon teknologi terkemuka saat ini.

Tetapi ketika Jack Ma baru saja memulai bisnisnya, dia menganggap Gates juga sebagai sumber frustrasi nyata. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Ma.

"Ketika saya masih muda, saya membenci Bill Gates karena saya pikir Microsoft mengambil semua peluang," kata Ma ketika berbicara pada pertemuan puncak inovasi di Tel Aviv, Israel pada 2018 silam seperti yang dikutip dari Yahoo Finance.

"IBM, Oracle, mereka mengambil semua peluang," lanjut Ma.

Baca Juga: Rahasia Bill Gates membangun kekayaan meskipun telah pensiun 20 tahun lalu

Ma mengatakan bahwa ketika dia pertama kali memulai Alibaba pada tahun 1999, dia percaya bahwa harga yang dibebankan oleh perusahaan besar seperti itu mempersulit para pemula, seperti perusahaan e-commerce miliknya saat itu, untuk mendapatkan akses ke teknologi.

Namun, dia segera menyadari bahwa bukan Gates atau nama besar lainnya yang bersalah. Sebaliknya, ia memblokir peluangnya sendiri dengan menggunakan alasan umum yang menahan banyak calon wirausahawan.

"Kebanyakan orang terus mengeluh," kata Ma. "Tetapi jika Anda dapat menyelesaikan keluhan, jika Anda memecahkan masalah, maka itulah peluangnya."

Baca Juga: Bill Gates dan Elon Musk berhenti dari kebiasaan buruk ini sebelum menjadi sukses

Bagi Ma, itu berarti menghasilkan teknologi yang lebih sederhana dan lebih murah yang dapat digunakan oleh Alibaba dan jutaan usaha kecil yang ia harap dapat ditambahkan ke dalam platform.




TERBARU

Close [X]
×