kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Janji gelar latihan rutin, China kirim kapal induk Shandong ke Laut China Selatan


Minggu, 09 Mei 2021 / 04:00 WIB
Janji gelar latihan rutin, China kirim kapal induk Shandong ke Laut China Selatan


Sumber: Global Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Shandong, kapal induk kedua milik China pekan ini mulai ditugaskan ke Laut China Selatan dalam lanjutan latihan militer rutin. Sebelum ini, kapal induk pertama Liaoning juga sudah menunjukkan kehadirannya.

Kelompok kapal induk China yang dipimipin oleh kapal Shandong segera memulai rangkaian latihan militer mereka di Laut China Selatan, sekaligus jadi pelayaran pertama Shandong tahun ini.

Pelayaran Shandong ini dilakukan tidak lama setelah kapal induk pertama China, Liaoning, meninggalkan wilayah tersebut. Dengan ini, dua kapal induk utama China telah melakukan latihan militer intens secara berturut-turut di wilayah yang sama.

Kelompok pertama yang dipimpin kapal induk Liaoning baru-baru ini melakukan latihan rutin di perairan sekitar Taiwan dan perairan terkait di Laut China Selatan.

Baca Juga: Meski diancam China, Filipina akan tetap gelar latihan maritim di Laut China Selatan

Dilansir dari Global Times, latihan tersebut adalah rangkaian latihan rutin yang diselenggarakan berdasarkan jadwal kerja tahunan, dan sepenuhnya sah dan legal.

"Ini akan berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan layanan untuk menjaga kedaulatan China, kepentingan keamanan dan pembangunan serta perdamaian dan stabilitas regional," ungkap Kapten Senior Gao Xiucheng, juru bicara Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Terkait latihan milter kali ini, Gao berharap dunia bisa melihatnya secara objektif dan rasional karena latihan sejenis akan terus dilakukan Angkatan Laut China secara rutin di masa mendatang.

Kapal induk Shandong merupakan kapal induk kedua China yang memasuki layanan pada Desember 2019 dan menjalani uji coba lebih lanjut dan sesi pelatihan pada tahun 2020.

Baca Juga: AS dan China jadi negara dengan belanja militer paling boros selama pandemi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×