kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Janji Xi Jinping: Vaksin Covid-19 China bisa diakses secara global jika tersedia


Selasa, 19 Mei 2020 / 10:06 WIB
Janji Xi Jinping: Vaksin Covid-19 China bisa diakses secara global jika tersedia


Sumber: Xinhua | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping pada hari Senin (18/5/2020) mengumumkan langkah konkret untuk mendorong perjuangan global melawan Covid-19. Hal ini termasuk memberikan bantuan internasional dan menjadikan vaksin Covid-19 negara itu sebagai barang publik global jika sudah tersedia.

Melansir Xinhua, Xi membuat pengumuman tersebut ketika ia berbicara tentang pembukaan sesi ke 73 Majelis Kesehatan Dunia (WHA) melalui tautan video.

Baca Juga: Jawab seruan anggota, WHO janji segera lakukan evaluasi respons atas corona

"China akan menyediakan US$ 2 miliar selama dua tahun untuk membantu tanggapan Covid-19 dan dengan pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara yang terkena dampak, terutama negara-negara berkembang," kata Xi.

Dia juga bilang, China akan bekerja dengan PBB untuk mendirikan depot dan pusat respons kemanusiaan global di China, memastikan operasi rantai pasokan anti-epidemi dan menumbuhkan "koridor hijau" untuk transportasi jalur cepat dan bea cukai.

Baca Juga: Presiden Xi: China dukung evaluasi respons global terhadap corona oleh WHO

Selain itu, China akan membangun mekanisme kerja sama bagi rumah sakit-rumah sakitnya untuk berpasangan dengan 30 rumah sakit Afrika dan mempercepat pembangunan kantor pusat CDC Afrika demi membantu benua tersebut meningkatkan kesiapsiagaan penyakit dan kapasitas pengendaliannya, kata Xi.

"Pengembangan dan penyebaran vaksin COVID-19 di China, jika tersedia, akan dijadikan barang publik global," kata presiden.

Dia menambahkan, "Ini akan menjadi kontribusi China untuk memastikan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang."

Baca Juga: Kecewa berat! Trump tak mau bicara dengan Xi dan bisa putuskan hubungan China




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×