kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Januari 2014, penjualan mobil mewah di China naik


Selasa, 11 Februari 2014 / 10:30 WIB
Januari 2014, penjualan mobil mewah di China naik
ILUSTRASI. Karyawan PT. Wismilak Inti Makmur Tbk (Wismilak) mendemonstrasikan cara membuat sigaret kretek tangan (SKT) di Jakarta, Senin (19/11). KONTAN/Baihaki/19/11/2012


Sumber: Reuters | Editor: Dessy Rosalina

BEIJING. Orang tajir di China semakin getol membeli mobil mewah. Tengok saja, penjualan mobil mahal di Negeri Panda melesat tinggi.

Bagi produsen mobil mewah asal Jerman, BMW, Januari adalah bulan penuh berkah untuk mengawali tahun 2014. Seperti diberitakan media lokal Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung, penjualan mobil BMW di China naik sekitar 20% di sepanjang Januari.

Kenaikan penjualan itu termasuk menghitung penjualan merek seluruh grup, yakni merek MINI dan Rolls-Royce. Direktur Keuangan BMW, Friedrich Eichiner mengatakan, penjualan China melesat tinggi dibandingkan negara lain. Di Amerika Serikat (AS), penjualan grup BMW hanya tumbuh satu digit. Nasib sama juga terjadi di benua Eropa.

"Kami akan melaporkan angka penjualan pekan depan," ujar Eichiner. Dia menambahkan, penguatan euro menjadi berkah tambahan lain bagi rapor kinerja BMW. Berkah kenaikan penjualan juga dialami rival BMW. Hitungan awal, Audi dan Mercedes-Benz juga membukukan kenaikan penjualan masing-masing sebesar 18% dan 45% di bulan Januari kemarin.

Pasar mobil China memang tengah booming. Negeri Tembok Raksasa ini menjadi incaran sederet produsen mobil mahal. “Pasar mewah China akan terus tumbuh pesat di 2014. Sementara pasar AS hanya tertolong bunga rendah,” ujar Sascha Gommel, Analis Commerzbank AG di Frankfurt.

Coba tengok kinerja Volkswagen AG (VW). Produsen mobil terbesar di Eropa ini mencatatkan rekor penjualan global, yakni lebih dari 9,7 juta unit mobil di tahun 2013. Hal tersebut dipicu oleh pertumbuhan permintaan mobil mewah, seperti Audi dan Porsche di pasar China.

Pertumbuhan penjualan VW di Negeri Tiongkok menutupi pelemahan penjualan VW di pasar AS. Sementara, Audi sudah merencanakan bujet jumbo sebsar € 22 miliar. Investasi ini untuk meningkatkan produksi di sejumlah pasar potensial. Yakni, China, Brasil dan Meksiko.

Saat ini, tercatat ada 25 merek mobil mewah yang bercokol di negara itu. Lembaga riset TNS menghitung, lebih dari 90 model mewah dijual di Tiongkok. Di akhir tahun 2012, China membuntuti AS sebagai pasar terbesar mobil mewah di dunia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×