kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jawab Tantangan Global, Alibaba Cloud Rilis 3 Layanan Inovasi Baru di Bidang AI


Selasa, 26 September 2023 / 17:55 WIB
Jawab Tantangan Global, Alibaba Cloud Rilis 3 Layanan Inovasi Baru di Bidang AI


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - HANGZHOU. Alibaba Cloud hari ini, Selasa (26/9), mengumumkan serangkaian produk dan layanan inovasi di bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence alias AI pada Alibaba Cloud Global Summit 2023 di Hangzhou, China.

Berbagai macam produk baru yang komprehensif, Alibaba Cloud rancang untuk memenuhi permintaan dari konsumen di seluruh dunia.

Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, mencatat, jumlah permintaan dari konsumen meningkat tinggi, khususnya dalam pengembangan Gen AI (AI Generatif).

Solusi AI yang komprehensif dari Alibaba Cloud meliputi platform komputasi AI, layanan akselerasi AI, dan aplikasi yang berfokus AI.

Semua solusi AI tersebut Alibaba Cloud rancang untuk membantu konsumen menciptakan aplikasi AI Generatif yang lebih efisien, aman, dan hemat biaya.

Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group, mengatakan, untuk memenuhi permintaan terhadap AI Generatif, Alibaba Cloud terus memperkenalkan produk dan melakukan inovasi terhadap layanan di dalam Alibaba Cloud. 

"Ini untuk menjawab berbagai tantangan di dalam pasar global," katanya di Alibaba Cloud Global Summit 2023 yang wartawan KONTAN hadiri.

Baca Juga: Ini Kecanggihan Core Systems Alibaba Cloud di Asian Games Hangzhou 2023

Layanan AI yang komprehensif, Alibaba Cloud rancang untuk membantu para konsumen memanfaatkan peluang besar dari tren teknologi yang tidak terbatas.

"Sebagai bagian dari komitmen kami untuk mendorong pengembangan aplikasi yang lebih inklusif dan inovatif untuk AI Generatif, kami telah berkolaborasi dengan beberapa pemain unggul di industri untuk memperluas kemampuan di dalam berbagai skenario," ungkap Selina.

1. Layanan Komputasi Cerdas PAI-Lingjun

Untuk mengurangi kompleksitas proses AI, Alibaba Cloud memperkenalkan Layanan Komputasi Cerdas PAI-Lingjun. Ini merupakan platform AI yang komprehensif untuk melakukan komputasi dengan performa yang sangat tinggi. 

PAI-Lingjun bisa melakukan pelatihan model dan dan membantu dalam melakukan pengambilan kesimpulan. Layanan ini menawarkan kemampuan deep learning dan komputasi cerdas berkekuatan besar di Alibaba Cloud. 

Selain itu, juga menyediakan kemampuan engineering AI untuk melakukan proses secara menyeluruh, termasuk pengembangan AI, pelatihan AI, manajemen peran AI, dan manajemen sumber daya komputasi. 

Platform AI ini sudah digunakan dan diimplementasikan di China, dan akan tersedia di Singapura mulai awal 2024, diikuti ketersediaan secara umum yang lebih luas di seluruh Asia sepanjang tahun depan.

Baca Juga: DingTalk Milik Alibaba Luncurkan Solusi untuk Asian Games 2023 Hangzhou

2. Solusi Percepatan AI Alibaba Cloud

Untuk mempercepat model training dan pengambilan kesimpulan AI, Alibaba Cloud meluncurkan Solusi Percepatan AI Alibaba Cloud.

Solusi ini menggunakan dataset dan akselerator perangkat keras terkemuka untuk mengelola aplikasi yang berfokus pada penggunaan data, mengoptimalkan penggunaan beberapa model komputasi untuk mempercepat pelatihan model AI, dan tugas pengambilan kesimpulan. 

Menurut Stanford DAWN Deep Learning Benchmark, solusi ini bisa mempercepat model pelatihan AI hingga 70% dan pengambilan kesimpulan hingga tiga kali lipat. 

Solusi tersebut mencakup lapisan untuk paket AI cloud-native, penjadwalan pekerjaan AI, percepatan data AI, mesin percepatan komputasi AI, penjadwalan sumber daya, dan sumber daya komputasi. Setiap lapisan menawarkan solusi percepatan khusus untuk berbagai skenario.

3. OpenSearch LLM-Based Conversational Search

Untuk membangun layanan pencarian berbasis AI, Alibaba Cloud memperkenalkan OpenSearch LLM-Based Conversational Search.

Ini merupakan mesin pencari terdistribusi berkekuatan besar yang eksklusif milik Alibaba Cloud, yang memungkinkan layanan pencarian cerdas dalam e-commerce, multimedia, media sosial, dan kueri big data dalam perusahaan. 

Dengan dukungan Large Language Models (LLM), layanan ini memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat membangun sistem pencarian percakapan yang didedikasikan, memastikan keamanan, akurasi, dan keandalan dalam hasil pencarian. 

Layanan ini juga mendukung hasil pencarian dalam berbagai model, seperti jawaban, URL, dan gambar untuk memenuhi kebutuhan pencarian bisnis tertentu.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×