kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang dihantam gempa besar, ratusan orang dilaporkan terluka


Minggu, 14 Februari 2021 / 09:55 WIB
Jepang dihantam gempa besar, ratusan orang dilaporkan terluka
ILUSTRASI. Ilustrasi gempa di Jepang. Mandatory credit Kyodo/via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN JAPAN.


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - IWAKI. Lebih dari 100 orang terluka dan layanan kereta berhenti di sebagian besar wilayah timur laut Jepang pada hari Minggu setelah wilayah itu diguncang oleh gempa bumi besar di daerah yang sama dengan gempa Fukushima tahun 2001 yang memicu tsunami hampir 10 bertahun-tahun lalu.

Gempa berkekuatan 7,3 skala richter melanda sesaat sebelum tengah malam Sabtu dan dinding retak, jendela pecah dan memicu tanah longsor di Fukushima, daerah yang paling dekat dengan pusat gempa.

Gempa mengguncang gedung-gedung di ibu kota Jepang, Tokyo, yang jaraknya ratusan kilometer (mil).

Baca Juga: Helikopter Z-20 buatan dalam negeri China mulai dikirim ke perbatasan Xinjiang

Ratusan ribu bangunan kehilangan aliran listrik setelah gempa, yang melanda pada pukul 11:08 malam waktu setempat, namun pada pagi berikutnya listrik telah pulih sepenuhnya.

Tapi beberapa ribu rumah tangga tetap tak mendapat pasokan air, dan penduduk mengantre dengan kendi plastik untuk menerima air dari truk.

Sedikitnya 104 orang terluka, kata televisi nasional NHK, termasuk beberapa yang menderita patah tulang, tetapi tidak ada korban tewas yang dilaporkan.

Selain itu tidak ada potensi tsunami, dan tidak ada laporan penyimpangan di pembangkit nuklir mana pun, tetapi gempa tersebut menghidupkan kembali ingatan akan gempa besar 11 Maret 2011 yang memicu tsunami besar yang menyebabkan krisis nuklir terburuk di dunia dalam 25 tahun.

Baca Juga: Menghilang selama 3 bulan, ternyata ini yang dilakukan Jack Ma

Layanan kereta peluru Shinkansen ke sebagian besar wilayah utara Jepang juga ditunda karena kerusakan di sepanjang rel. Layanan di sepanjang satu jalur diperkirakan tidak akan pulih setidaknya hingga Selasa.

Selanjutnya: Lagi, Partai Republik menyelamatkan Trump dari pemakzulan




TERBARU

[X]
×