kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jepang menghapus Korea Selatan dari daftar putih ekspor terpercaya


Jumat, 02 Agustus 2019 / 09:36 WIB
Jepang menghapus Korea Selatan dari daftar putih ekspor terpercaya

Sumber: Bloomberg | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Jepang memutuskan untuk menghapus Korea Selatan dari daftar tujuan ekspor tepercaya di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua sekutu AS yang mengancam akan merusak hubungan keamanan dan jalur pasokan global.

Menguip Bloomberg, Jumat (2/8), Kabinet Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberikan suara pada hari Jumat untuk menyerang tetangganya dari apa yang disebut "daftar putih" negara-negara yang mendapat manfaat dari pemeriksaan yang kurang ketat dan pemindahan itu akan berlangsung pada 28 Agustus, kata pemerintah.

Baca Juga: Korea Selatan-Jepang memanas, Korean Air tangguhkan penerbangan dari Busan ke Sapporo

Korea Selatan telah mendesak Jepang untuk tidak melanjutkan perubahan, dengan mengatakan itu akan memiliki konsekuensi besar dan mendorong pemikiran ulang kerja sama keamanan.

Menteri Perdagangan Hiroshige Seko mengatakan kepada wartawan bahwa Jepang tidak berniat untuk mempengaruhi hubungan dengan Korea Selatan. Tetapi masalah ini dilihat oleh Seoul memiliki implikasi besar bagi ekonominya yang sudah berjuang.

Gubernur Bank of Korea Lee Ju-yeol merencanakan pertemuan pada jam 2 malam. waktu setempat untuk membahas dampak keputusan Jepang.

Dua raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung Electronics Co dan SK Hynix Inc., sudah berjuang dengan pembatasan ekspor sebelumnya. Saham Samsung turun sebanyak 2% di Seoul pada hari Jumat, sementara Hynix turun sebanyak 3%.

Baca Juga: Jepang masih keras kepala, berpotensi hapus Korea Selatan dari daftar putih

Keputusan itu diambil ketika Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan bertemu dengan rekan-rekannya dari kedua negara - Taro Kono Jepang dan Kang Kyung-wha dari Korea Selatan, di sela-sela forum regional di Bangkok pada hari itu.




TERBARU

Close [X]
×