kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden Berencana Lepas Cadangan Minyak AS Akhir Tahun Ini


Rabu, 19 Oktober 2022 / 16:20 WIB
Joe Biden Berencana Lepas Cadangan Minyak AS Akhir Tahun Ini
ILUSTRASI. Joe Biden mengambil langkah balasan terhadap pemangkasan produksi minyak yang dilakukan OPEC.. REUTERS/Jonathan Ernst


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengambil langkah balasan terhadap pemangkasan produksi minyak yang dilakukan OPEC. Biden akan melepas cadangan minyak AS akhir tahun ini. 

Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior administrasi pemerintahan Joe Biden pada Reuters.Rencana tersebut dimaksudkan untuk menambah pasokan yang cukup untuk mencegah lonjakan harga minyak yang dapat merugikan konsumen dan bisnis.

Pemerintahan Biden juga meyakinkan pengebor nasional bahwa pemerintah akan masuk ke pasar sebagai pembeli jika harga jatuh terlalu rendah.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Menguat Terdorong Pelemahan Dolar AS

Upaya Biden untuk menggunakan kekuatan federal untuk menyeimbangkan pasar minyak AS menggarisbawahi betapa konflik di Ukraina dan inflasi yang merajalela telah memaksa AS kembali menggunakan cara-cara lama. 

Padahal sebelumnya saat mulai menjabat sebagai presiden, Biden telah berjanji untuk menghentikan industri minyak dan membawa AS bergerak cepat ke masa depan yang bebas bahan bakar fosil.

Hal ini juga menunjukkan keinginan pemerintah untuk menjaga inflasi menjelang pemilihan paruh waktu pada bulan November, di mana rekan-rekan Demokrat Biden berharap untuk mempertahankan kendali Kongres.

Awal tahun ini, Biden memutuskan untuk menjual 180 juta barel dari Cadangan Minyak Strategis untuk memerangi potensi krisis pasokan yang disebabkan oleh sanksi terhadap Rusia yang kaya minyak setelah invasinya ke Ukraina.

Sementara rencana awal adalah untuk mengakhiri penjualan tersebut pada bulan November, pembelian lebih lambat dari yang diharapkan selama musim panas dan sekitar 15 juta barel tetap tidak terjual. Itu akan disiapkan untuk penawaran untuk pengiriman pada bulan Desember, kata pejabat senior administrasi, dan minyak tambahan juga dapat tersedia jika diperlukan.

"Jika kondisinya mengharuskan, maka kami akan siap," kata pejabat senior pemerintah pada Reuters, Rabu (19/10).

Biden juga akan menyusun rencana untuk mengisi kembali cadangan darurat di tahun-tahun mendatang, tetapi hanya dengan harga pada atau di bawah kisaran $67 hingga $72 dolar per barel untuk West Texas Intermediate, patokan minyak AS, kata pejabat itu. Harapan Biden adalah mengirimkan sinyal kepada konsumen dan produsen.

Baca Juga: Harga Minyak Menguat di Tengah Harapan Pemulihan Permintaan Bahan Bakar di China

“Presiden menyerukan sektor swasta di Amerika Serikat untuk melakukan dua hal. Pertama, ambil sinyal ini dan tingkatkan produksi, tingkatkan investasi, dan nomor dua adalah memastikan bahwa mereka mengambil keuntungan ini, karena mereka mendapat manfaat darinya. pasar ini, bahwa mereka terus memberikan harga yang sesuai kepada konsumen," kata pejabat itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, industri minyak semakin khawatir bahwa pemerintah mungkin mengambil langkah drastis dengan melarang atau membatasi ekspor bensin atau solar untuk membantu membangun kembali persediaan AS yang merosot. Mereka telah meminta pemerintah untuk mengambil opsi itu, sebuah langkah yang tidak mau dilakukan oleh para pejabat.

"Kami menyimpan semua alat di atas meja, Anda tahu, apa pun yang berpotensi membantu memastikan pasokan domestik yang stabil." pungkas pejabat itu.




TERBARU

[X]
×