kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden berkuasa, ketegangan China-Taiwan semakin sengit!


Senin, 25 Januari 2021 / 07:31 WIB
Joe Biden berkuasa, ketegangan China-Taiwan semakin sengit!
ILUSTRASI. Militer AS mengumumkan pada Minggu (24/1/2021), sekelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt telah memasuki Laut China Selatan untuk mempromosikan "kebebasan laut". McLearnon/Handout via REUTERS.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Militer AS mengumumkan pada Minggu (24/1/2021), sekelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt telah memasuki Laut China Selatan untuk mempromosikan "kebebasan laut". Pengumuman itu dilakukan di tengah ketegangan yang semakin sengit antara China dan Taiwan sehingga menimbulkan kekhawatiran di Washington.

Reuters memberitakan, Komando Indo-Pasifik AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok penyerang memasuki Laut China Selatan pada hari Sabtu. Itu merupakan hari yang sama dengan laporan Taiwan bahwa telah terjadi serangan besar pesawat pengebom dan jet tempur China ke zona identifikasi pertahanan udaranya di sekitar Kepulauan Pratas.

Militer AS mengatakan kelompok penyerang kapal induk berada di Laut China Selatan, yang sebagian besar diklaim oleh China, untuk melakukan operasi rutin untuk memastikan kebebasan laut, membangun kemitraan yang memupuk keamanan maritim.

"Setelah berlayar melalui perairan ini selama 30 tahun karir saya, sangat menyenangkan berada di Laut China Selatan lagi, melakukan operasi rutin, mempromosikan kebebasan laut, dan meyakinkan sekutu dan mitra," jelas Laksamana Muda Doug Verissimo, komandan kapal induk AS seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Tegang! China kirim jet tempur perang, AS tegaskan akan dukung Taiwan

Dia menambahkan, “Dengan dua pertiga perdagangan dunia yang melewati wilayah yang sangat penting ini, sangat penting bagi kami untuk mempertahankan kehadiran kami dan terus mempromosikan tatanan berbasis aturan yang memungkinkan kita semua untuk makmur,” kata Verissimo dalam pernyataannya.

Pengumuman itu datang hanya beberapa hari setelah Joe Biden dilantik sebagai presiden AS.

Baca Juga: Siap ladeni China, AS langsung kerahkan kapal induk ke Laut China Selatan

Calon Menteri Luar Negeri Biden Antony Blinken, mengatakan pada sidang konfirmasi Senatnya pada hari Selasa bahwa tidak diragukan lagi China merupakan tantangan paling signifikan bagi Amerika Serikat di negara mana pun.

China telah berulang kali mengeluh tentang kapal Angkatan Laut AS yang mendekati pulau-pulau yang diduduki China di Laut China Selatan, di mana Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei, dan Taiwan semuanya mengklaim wilayah yang sama.

Menurut pernyataan tersebut, Theodore Roosevelt didampingi oleh kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga USS Bunker Hill, dan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Russell dan USS John Finn.

Selanjutnya: UU disahkan, penjaga pantai China boleh tembaki kapal asing di Laut China Selatan




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×