Sumber: AP | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
NEW YORK. Posisi Oprah Winfrey sebagai selebriti paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes tergeser. Kini, posisi tersebut diduduki oleh Angelina Jolie.
Jolie berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 27 juta dalam 12 bulan terakhir karena terlibat dalam beberapa film, mulai Kung Fu Panda, Wanted dan Salt (belum dirilis). Yang paling mengesankan, Jolie mendapatkan keuntungan atas publisitas kelahiran bayi kembarnya dan kisah romantikanya dengan aktor tampan Brad Pitt, yang menduduki posisi 9 dalam 100 daftar selebriti paling berpengaruh dunia tersebut.
Winfrey sendiri pada akhirnya jatuh ke posisi dua dan berhasil mengumpulkan pendapatan mencapai US$ 275 juta pada tahun lalu. Meskipun jumlah pemirsa yang menonton show hariannya yakni “The Oprah Winfrey Show” terus mengalami penurunan, pendapatannya tak mengalami perubahan.
Beberapa seleb yang juga menduduki posisi lima teratas antara lain ikon musik pop Madonna (US$ 110 juta), penyanyi Beyonce Knowles (US$ 87 miliar) dan pegolf Tiger Woods (US$ 110 juta).
Sementara itu, beberapa pendatang baru pada daftar tahun ini antara lain: penulis “Twilight” Stephanie Meyer (posisi 26) dan penyanyi country Taylor Swift (posisi 69).
Selain itu, Barack Obama juga termasuk dalam daftar sebagai kepala negara pertama yang berhasil masuk dalam daftar 100 Seleb. Sejarah dalam pemilihan presiden pada tahun lalu membantu penjualan jutaan bukunya. Obama memulai debutnya pada tahun ini dengan masuk ke posisi 49, dengan pendapatan dari penjualan buku mencapai US$ 2,5 juta dalam periode 12 bulan.
Sementara itu, ada juga beberapa selebriti yang terlempar keluar dari daftar. Beberapa diantaranya yaitu JK Rowling dan Johnny Depp. Rowling tak lagi merilis buku Harry Potter, sedangkan Depp gagal merilis episode terbaru “Pirates of Caribbean”.
Sekadar tambahan saja, daftar 100 selebriti yang meliputi aktor film dan televisi, model, juru masak, atlet, pengarang buku dan musisi, merupakan pengukuran yang menggabungkan pendapatan dengan publisitas baik di media cetak, televisi, radio dan online.