Jong Nam tolak suksesi di Korut

Selasa, 12 Oktober 2010 | 15:50 WIB   Reporter: Agung Ardyatmo, Reuters
Jong Nam tolak suksesi di Korut

ILUSTRASI. Uang Poundsterling Inggris


SEOUL. Kim Jong Nam, putra sulung pemimpin Korea Utara Kim Jong Il, menentang proses regenerasi turun temurun di negaranya. Meski begitu, Jong Nam tetap memberikan selamat kepada sang adik, Kim Jong Un, yang telah dipilih oleh Jong Il, untuk menggantikan dirinya.

Kepada televisi Jepang Asahi, Jong Nam mengaku bahwa dirinya tak tertarik untuk menjadi pemimpin Korea Utara selanjutnya. Pernyataan Jong Nam ini membantah berita yang beredar, kalau dirinya hendak mengambil kekuasaan sang ayah, dan menentang penunjukkan Jong Un. Pasalnya, Jong Nam lah yang sebelumnya ditunjuk menggantikan Jong Il. Namun karena Jong Nam ketahuan bepergian ke Disneyland Tokyo bersama keluarganya, tanpa seijin sang ayah, penunjukkan tersebut akhirnya dicabut. Kini, Jong Nam tinggal di Makau dan China.

"Secara pribadi saya menentang proses regenerasi, namun saya rasa kita tak dapat mengesampingkan faktor internal atas penunjukkan tersebut," tandas Jong Nam.

Wawancara Jong Nam sendiri dilakukan sehari sebelum para militer besar-besaran Korea Utara, sekaligus penunjukkan resmi Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara yang selanjutnya.

Editor: Uji Agung Santosa

Terbaru