Jual Saham Alibaba, SoftBank Diproyeksi Untung US$ 34 Miliar

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:42 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Jual Saham Alibaba, SoftBank Diproyeksi Untung US$ 34 Miliar

ILUSTRASI. Softbank Group president Masayoshi Son


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. SoftBank Group Corp diperkirakan dapat membukukan keuntungan lebih dari US$ 34 miliar. Keuntungan tersebut didapat dari penjualan saham milik perusahaan di Alibaba Group Holding Ltd..

Rencana penjualan saham Softbank di Alibaba ini menjadi bagian dari strategi investasi untuk menopang keuangan perusahaan karena pasar global memburuk.

Mengutip Bloomberg (10/8), Dewan Softbank menyetujui penyelesaian fisik awal kontrak forward prabayar yang setara dengan sekitar 242 juta American Depositary Receipts. Setelah penyelesaian, yang akan berlangsung dari Agustus hingga September, saham Softback di pemimpin e-commerce China itu akan turun menjadi 14,6% dari 23,7% pada akhir Juni.

Sebagai informasi, CEO Softbank Masayoshi Son telah mempercepat penjualan aset, mempercepat transformasi konglomerasinya menjadi rumah investasi murni di tahun ini. Investor telah lama menekan SoftBank untuk menguangkan sahamnya di Alibaba, memonetisasi salah satu taruhan paling menguntungkan dalam sejarah modal ventura.

Baca Juga: Sektor Teknologi Tertekan, Vision Fund Milik Softbank Rugi US$ 23 Miliar

Sebelumnya, SoftBank telah mengumpulkan sejumlah besar modal dengan menjual kontrak berjangka di Alibaba, dan menerima US$ 10,5 miliar selama kuartal yang berakhir Juni dan US$ 6,8 miliar lainnya melalui kontrak semacam itu setelah 1 Juli.

Dengan menyelesaikan kontrak secara fisik, berarti SoftBank akan melepaskan haknya untuk membeli kembali saham di beberapa titik. Di masa lalu, ketika SoftBank memperoleh dana melalui saham Alibaba, perusahaan tetap membuka opsi untuk membeli kembali saham yang dirilis melalui kontrak berjangka.

Momen langka ketika SoftBank berkomitmen untuk menurunkan kepemilikan Alibaba adalah pada tahun 2016, ketika SoftBank perlu membiayai pembelian arsitek chip Arm Ltd.

Son sekarang mengupas kepemilikan lain, saat dia mengalihkan fokusnya ke penawaran umum perdana raksasa desain chip Inggris. SoftBank telah memulai pembicaraan untuk menjual manajer aset Fortress Investment Group, dan juga menjual sebagian atau seluruh 9% sahamnya di SoFi Technologies Inc.

 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru