Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana
KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Netflix berhasil menambah pelanggan baru lebih dari 1 juta dan memproyeksikan jumlah pelanggan akan lebih tinggi pada kuartal IV.
Hingga kuartal III tahun ini, Netflix telah memiliki 5,1 juta pelanggan streaming baru dengan layanan yang didukung iklannya dimana lebih dari 50% pendaftaran dari negara-negara tempat layanan itu tersedia.
"Netflix adalah satu hal yang tidak dapat diabaikan orang dan hasil terbarunya merupakan bukti daya tariknya yang bertahan lama," kata Dan Coatsworth, analis investasi AJ Bell dikutip Reuters.
Platform streaming itu memproyeksikan penambahan pelanggannya untuk kuartal Desember secara tradisional akan lebih kuat dan akan melampaui kuartal berakhir September karena memasuki musim liburan. Musim kedua drama Korea "Squid Game" dijadwalkan untuk dirilis pada akhir Desember juga akan menambah jumlah pelanggan.
Baca Juga: Telkomsel Pacu Pertumbuhan Pengguna IndiHome Dua Kali Lipat di Sisa Tahun 2024
"Para pesaing di bidang media lama mengalami kerugian besar namun Netflix dapat meningkatkan keunggulannya dalam pembuatan konten sementara yang lain tidak dapat menahan diri untuk mengalokasikan lebih banyak modal," kata Matt Britzman, analis ekuitas senior, Hargreaves Lansdown.
Iklan juga menjadi pertimbangan untuk tahun 2025 dengan kenaikan harga yang telah dimulai di beberapa pasar berpotensi menarik lebih banyak pelanggan yang sudah ada. Setidaknya delapan analis menaikkan target harga mereka pada saham Netflix setelah melihat hasil kinerja. Target median analis LSEG menjadi US$ 750 dari US$ 706,38.
Namun, meskipun penambahan pelanggan melampaui perkiraan jumlahnya di bawah 8,76 juta yang diperoleh Netflix pada kuartal tahun lalu.
Perusahaan telah mencoba mengalihkan perhatian investor dari pendaftaran ke metrik termasuk pertumbuhan pendapatan dan margin laba karena laju pertumbuhan pelanggan melambat.
Sepanjang tahun ini, saham Netflix telah naik sekitar 41,2%, Disney naik 6,9% sementara Warner Bros turun sekitar 31%.