Reporter: Barratut Taqiyyah, Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
SAN FRANCISCO. Kinerja Yahoo! Inc di kuartal I 2011 lumayan kinclong. Pasalnya, tingkat penjualan Yahoo! berhasil melampaui estimasi analis akibat tingginya penggunaan iklan internet oleh pelanggan.
Berdasarkan pernyataan Yahoo!, tingkat penjualan mencapai US$ 1,06 miliar. Sementara, analis yang disurvei Bloomberg memprediksi penjualan sebesar US$ 1,05 miliar.
Keuntungan yang didapat Chief Executive Officer Carol Bartz berasal dari melonjaknya permintaan iklan display, seperti banner dan video di situs tersebut. Menurut data ComScore Inc, tingginya permintaan ini terkait dengan bertambahnya jumlah pengakses Yahoo! sebesar 15% menjadi 179,5 juta pengguna pada Maret dari periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut menempatkan Yahoo! berada di posisi pertama melampaui Google yang hanya sebesar 176,8 juta.
"Internet saat ini semakin terfregmentasi. Sehingga, jumlah pengguna yang merupakan pasar bagi pengiklan menjadi hal yang sangat penting," jelas Yun Kim, analis Gleacher & Co di New York.