Kabupaten Sumedang gelar kejuaraan paragliding (paralayang) internasional

Sabtu, 27 Juli 2019 | 09:00 WIB   Reporter: Elisabeth Adventa
Kabupaten Sumedang gelar kejuaraan paragliding (paralayang) internasional


WISATA - JAKARTA. Kementerian Pariwisata (Kempar) memproyeksikan kabupaten Sumedang sebagai surga paralayang dunia lewat ajang West Java Paragliding World Championship And Culture Festival 2019.

Kejuaraan paragliding tersebut untuk pertama kalinya digelar pada 2 - 8 Oktober 2019 dan diikuti sekitar 80 pilot dari 20 negara.

Ajang tersebut akan dijadikan sarana untuk mempromosikan pariwisata Sumedang sebagai ‘surga’ paralayang internasional sekaligus destinasi kelas dunia.

Baca Juga: Konferensi Indonesia Adventure Travel Trade digelar 3 Agustus 2019

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap ajang internasional tersebut mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat. Selain itu, event wisata olahraga tersebut bisa menjadi ajang promosi pariwisata kabupaten Sumedang.

“Di kawasan ini juga akan dikembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Jatigede sebagai destinasi pariwisata kelas dunia,” ujar Arief dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7).

Menurutnya, semakin banyak event pariwisata, maka kesejahteraan ekonomi dan indeks kebahagiaan masyarakat di daerah akan meningkat.

Oleh sebab itu, kemajuan destinasi pariwisata ditentukan oleh komitmen para Gubernur, Wali Kota, dan Bupati. "Sekitar 50% keberhasilan pariwisata sangat tergantung dari CEO commitment," ujar Arief.

Baca Juga: Menimbang potensi sport-tourism Indonesia

Komitmen tersebut akan terlihat dari seberapa besar para pimpinan daerah mengembangkan 3 unsur penting pariwisata yakni atraksi, amenitas, dan aksesibilitas.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru