kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaisar Jepang Naruhito dan PM Kishida Berencana Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth


Sabtu, 10 September 2022 / 19:14 WIB
Kaisar Jepang Naruhito dan PM Kishida Berencana Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth
Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako melambai kepada para simpatisan selama parade kerajaan mereka untuk menandai penobatan Kaisar Jepang Naruhito di Tokyo, Jepang 10 November 2019. REUTERS/Kim Kyung-Hoon.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Kaisar Jepang Naruhito berencana menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II dari Inggris, sementara Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga kemungkinan hadir, kata media Jepang.

Ini akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Naruhito sejak naik takhta pada Mei 2019. Permaisuri Masako juga telah menyatakan keinginannya untuk hadir, dan pemerintah Jepang mengatur perjalanan mereka, NTV, TBS dan media lainnya mengatakan pada hari Jumat, mengutip sumber-sumber pemerintah.

Kishida sedang mempertimbangkan untuk menghadiri pemakaman, yang menurut Inggris akan diadakan dalam waktu kurang dari seminggu, sebelum mengunjungi New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB akhir bulan ini, TV Asahi melaporkan pada hari Sabtu. 

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia akan menghadiri pemakaman raja terlama di Inggris itu.

Baca Juga: Kremlin Pastikan Vladimir Putin Tidak Menghadiri Pemakanan Ratu Elizabeth II

Kantor Perdana Menteri dan Badan Rumah Tangga Kekaisaran tidak dapat segera dihubungi di luar jam kerja untuk mengomentari laporan tersebut.

Bangsawan Inggris dan keluarga kekaisaran Jepang memiliki hubungan yang sudah lama terjalin. Kaisar telah diundang ke Inggris oleh ratu pada tahun 2020, tetapi perjalanan itu ditunda karena pandemi.

Ratu Elizabeth, yang mengunjungi Jepang pada tahun 1975 untuk bertemu dengan Kaisar Hirohito saat itu, memberikan kontribusi besar untuk memperkuat hubungan Jepang dengan Inggris, kata Kishida pada hari Jumat. 

Juga menyampaikan belasungkawa, Naruhito, yang belajar di Universitas Oxford pada 1980-an, sangat sedih dengan kematian ratu, kata Badan Rumah Tangga Kekaisaran. Masako juga belajar di Oxford.

Baca Juga: Raja Charles III Menyebut William dan Kate Sebagai Pangeran dan Putri Wales

Kaisar dan permaisuri berkabung selama tiga hari pada hari Jumat karena mereka merasakan "kesedihan yang mendalam dan belasungkawa yang tulus", agensi mengumumkan.

Jarang seorang kaisar Jepang menghadiri pemakaman kerajaan di luar negeri. Pada tahun 1993, Kaisar Akihito, sekarang kaisar emeritus, menghadiri pemakaman kenegaraan Raja Baudouin dari Belgia dengan Permaisuri Michiko saat itu.




TERBARU

[X]
×