kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,94   -3,77   -0.38%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Kapal induk baru Korea Selatan bisa terlihat seperti versi mini HMS Queen Elizabeth


Minggu, 05 September 2021 / 09:53 WIB
Kapal induk baru Korea Selatan bisa terlihat seperti versi mini HMS Queen Elizabeth
ILUSTRASI. Model kapal induk Korea Selatan dari Hyundai Heavy Industries Co. Dok. Hyundai Heavy Industries Co/Yonhap


Sumber: CNN | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SEOUL. Kapal induk yang tengah dirancang Korea Selatan bisa memiliki cita rasa Inggris yang khas. Bahkan, bisa jadi  HMS Queen Elizabeth versi mini.

Hyundai Heavy Industries (HHI) minggu ini menandatangani nota kesepahaman dengan kontraktor pertahanan Inggris, Babcock International, untuk bekerja sama merancang dan membangun CVX baru, kapal induk ringan Korea Selatan.

“Kemitraan ini untuk menggabungkan teknologi inti dari kedua perusahaan untuk memenangkan pesanan untuk desain dasar kapal induk ringan dan untuk membangun kapal. Hyundai Heavy Industries dan Babcock telah berhasil menyelesaikan desain konseptual, tahap pertama desain kapal, tahun lalu," kata pernyataan dari Hyundai seperti dilansir CNN.

Babcock merancang dan membangun kapal induk kelas Ratu Elizabeth untuk Inggris dan beroperasi di Busan, kota pelabuhan selatan Korea Selatan. Perusahaan merakit peralatan untuk program angkatan laut Korea Selatan, menurut pernyataan perusahaan.

Baca Juga: Hyundai gandeng Bobcock bangun kapal induk pertama Korea Selatan

Sejak memulai proyek kapal khusus pada tahun 1975, Hyundai telah merancang dan membangun total 90 kapal perang dan kapal selam, termasuk kapal perusak berpeluru kendali Aegis pertama Korea Selatan, Sejong, dan fregat generasi berikutnya, Incheon, kata HHI.

Kesepakatan itu tidak berarti pasangan itu akan mendapatkan kontrak dengan militer Korea Selatan. Raksasa industri negara Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) masih dalam perburuan.

Konsep desain kapal Hyundai, pertama kali terungkap pada eksposisi awal musim panas ini, menampilkan kemiripan yang luar biasa dengan HMS Queen Elizabeth dari Inggris.

Video promosi animasi perusahaan tentang desain kapal menunjukkan jalur lepas landas lompat ski untuk jet tempur siluman F-35, twin islands, dan dua lift pesawat di kedua sisi dek penerbangan.

Ada juga area dek tambahan di bagian paling belakang kapal untuk mengoperasikan drone kecil dan untuk menyebarkan kendaraan permukaan tak berawak, serta kapal selam cebol tak berawak.

Baca Juga: Awasi latihan militer AS dan sekutu, China kirim 2 armada kapal perang




TERBARU

[X]
×