kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 Sydney bertambah, lebih banyak pembatasan muncul


Sabtu, 26 Juni 2021 / 11:38 WIB
Kasus Covid-19 Sydney bertambah, lebih banyak pembatasan muncul
ILUSTRASI. Negara bagian New South Wales Australia melaporkan 29 kasus Covid-19 yang didapat secara lokal pada hari Sabtu (26/6).


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MELBOURNE. Negara bagian New South Wales Australia melaporkan 29 kasus Covid-19 yang didapat secara lokal pada hari Sabtu (26/6). Pihak berwenang mengisyaratkan lebih banyak pembatasan dapat diberlakukan di Sydney yang sebagian terkunci karena situs paparan meningkat.

Data hari Sabtu termasuk 17 infeksi di negara bagian terpadat di negara itu yang sudah diumumkan pada hari Jumat. Dengan tambahan ini, jumlah infeksi yang terkait dengan wabah Bondi menjadi 80.

Australia telah lebih berhasil dalam mengelola pandemi daripada banyak negara maju lainnya melalui penutupan perbatasan yang cepat, aturan jarak sosial dan kepatuhan masyarakat yang tinggi. Australia melaporkan lebih dari 30.400 kasus dan 910 kematian akibat Covid-19.

Australia masih berjuang menggelar vaksinasi dan sejumlah titik wabah berlanjut. Pada hari Jumat, pemerintah memberikan persetujuan sementara untuk vaksin Johnson & Johnson, yang berpotensi memperluas opsi pasokannya.

Baca Juga: WHO: Delta yang paling menular dari varian yang diidentifikasi sejauh ini

Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian mengatakan, dia akan mengadakan pertemuan darurat pemerintah dengan otoritas kesehatan pada Sabtu malam.

"Situasinya semakin memburuk di luar apa yang ingin kami lihat pagi ini, dan alasannya adalah bahwa situs-situs paparan baru berada di luar area yang menjadi perhatian kami yang telah kami soroti," kata Berejiklian dalam jumpa pers.

Dia menambahkan bahwa beberapa dari kasus tersebut mungkin telah terpapar selama beberapa hari tanpa menyadari bahwa mereka memiliki virus. "Itulah yang menjadi perhatian kami dan itulah yang akan kami lihat dalam beberapa jam ke depan," imbuh Berejiklian.

Baca Juga: Kasus pertama COVID-19 kemungkinan melanda China pada Oktober 2019

New South Wales berjuang untuk menahan wabah varian Delta yang sangat menular. Lebih dari satu juta orang di pusat kota Sydney dan pinggiran timur kota itu dikunci selama seminggu pada hari Sabtu.

Penguncian, yang enggan diterapkan oleh pemerintah negara bagian konservatif, telah menciptakan kebingungan. Misalnya, King Street, destinasi trendi di pinggiran kota Newtown Sydney yang dipenuhi pub dan restoran, terbelah menjadi dua, sebagian terkunci, sebagian terbuka. 

Baca Juga: Tingkat Kematian Covid-19 di Lima Provinsi Ini Tertinggi, Mari Disiplin Prokes 3M




TERBARU

[X]
×